Cara Mengkondisikan Siswa di Lapangan

Cara Mengkondisikan Siswa di Lapangan - Tidak mudah untuk mengkondisikan siswa siswi berbaris di lapangan. Mungkin untuk persiapan pelaksanaan upacara bendera hari senin, atau mungkin untuk persiapan pembacaan asmaul husna bersama di lapangan, atau kegiatan senam dan olahraga. Keterbatasan waktu untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, diperlukan tindakan segera bagi guru untuk menciptakan barisan siswa agar tertib dan disiplin berbaris di lapangan.

Bagi guru yang punya basic kepramukaan, tidak sulit untuk membuat barisan siswa di lapangan. Namun, akan kesulitan bagi seorang guru yang masih baru dan tidak memiliki pengalaman yang cukup di sekolahan.
Cara Mengkondisikan Siswa di Lapangan
Untuk itu, diperlukan tips dan trik agar seorang guru bisa dengan mudah mengkondisikan siswa agar tertib baris-berbaris di lapangan, sehingga tercipta barisan yang rapi dan disiplin agar pelaksanaan kegiatan di lapangan bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah tips yang bisa saudara coba terapkan di sekolahan anda bekerja.

Cara Mengkondisikan Siswa di Lapangan


1. Beri Hitungan untuk Segera Baris
Untuk mengumpulkan para siswa di lapangan, diperlukan trik khusus bagi tenaga pendidik, yakni membuat perhitungan. Sebut angka 1 sampai dengan 10 dengan pengeras suara untuk memaksa siswa agar segera berkumpul di lapangan dan membuat barisan yang tertib.

2. Komando Anda Ambil Alih
Setelah peserta didik berkumpul di lapangan dan mereka berada tepat di hadapan anda, anda perlu mengambil alih komando. Agar mereka bisa memperhatikan apa yang anda ucapkan dan anda perintahkan. Pastikan volume suara anda ditingkatkan dan usahakan bisa terdengar oleh seluruh siswa yang berada di lapangan.

3. Siapkan Siswa untuk Baris
"Komando saya ambil alih, semuanya siap grak! setengah lencang kanan grak! tegak grak!". Adalah salah satu contoh komando yang bisa anda ucapkan saat mempersiapkan siswa untuk berbaris dengan rapi di lapangan. Pastikan yang terakhir komando yang anda berikan adalah "istirahat ditempat grak!". Baru kemudian anda bisa menyampaikan informasi-informasi penting yang harus diperhatikan siswa untuk kemudian bersiap melaksanakan kegiatan upacara bendera ataupun pembacaan asmaul husna di lapangan.

4. Beri Peringatan dan Ancaman Bagi Yang Tidak Tertib
Jika anda menjumpai siswa yang sulit diatur dan bikin gaduh serta tidak tertib saat berbaris di lapangan, anda perlu memberikan peringatan yang tegas bagi siswa tersebut dan kalau perlu beri ancaman sanksi jika mengulangi perbuatannya itu.

5. Sebut Nama Siswa Yang Bikin Gaduh
Kondisi yang menakutkan bagi siswa adalah ketika dia dipanggil dan disebut nama nya, kemudian disebutkan pula jenis pelanggarannya. Akan lebih menakutkan lagi jika dia diberi sanksi untuk berdiri di depan barisan dan menghadap teman-temannya satu sekolahan. Trik ini bisa anda terapkan jika menemukan siswa yang sulit untuk dikondisikan di lapangan.

Itulah sedikit tips trik dan cara yang bisa saudara coba dalam menertibkan dan mengkondisikan siswa untuk berkumpul dan berbaris di lapangan guna persiapan pelaksanaan upacara bendera, pembacaan asmaul husna, atau untuk persiapan kegiatan yang lain. Semoga tips dari admin blog sahabat geografi ini bisa bermanfaat.

3 komentar:

abang ichal said...

Contoh saat upacara, ada aja yg barisannya ga rapi

Satria Mwb said...

Bagus tuh apa yang telah dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk mendidik warga di lingkup lingkungan..😄😄

Meski hanya sekedar upacara mengumpulkan siswa tetapi bisa untuk kedepannya nanti...Intinya dari dasar dan terus berkembang..😄😄

Ubed Cakep said...

@abang, siswa bandel itu gan :D

@Satria, iya betul itu gan, mantap :D

Post a Comment