Pengertian Permasalahan Penelitian

Rabu, 22 Mei 2013 ·

Bagian yang sangat penting dalam setiap penelitian adalah permasalahan penelitian. Beberapa pakar bahkan mengatakan bahwa permasalahan penelitian adalah sebagai jantungnya suatu penelitian. Untuk memahami permasalahan penelitian secara baik dan benar, berikut merupakan beberapa definisi permasalahan penelitian yang dijelaskan oleh berbagai pakar.

Vredenbreght (1978)
Masalah rancangan penelitian mempunyai tujuan untuk memberikan suatu pertanggungan jawab terhadap semua langkah yang akan diambil dalam rangka menyelesaikan suatu masalah secara efektif. Dengan demikian maka setiap penelitian didasarkan atas suatu masalah dan pada perumusan masalah tersebut kita dapat memakai sebagai titik tolak untuk mengadopsi beberapa pendekatan yang berbeda-beda.

Leedy (1980)
Membedakan antara permasalahan yang tidak dapat diteliti dan permasalahan yang dapat diteliti. Permasalahan yang tidak dapat diteliti adalah permasalahan yang tidak mempunyai metode ilmiah untuk menjawabnya, sedangkan permasalahan yang dapat diteliti adalah permasalahan yang mempunyai metode ilmiah untuk menjawabnya.

Mantra (1998)
Permasalahan penelitian adalah suatu kesenjangan (gap) antara apa yang seharusnya dan apa yang ada dalam kenyataan, atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

Yunus (2010)
Permasalahan penelitian adalah suatu gejala tertentu yang memerlukan jawaban ilmiah untuk menjelaskannya. Dengan demikian didalamnya terkandung makna bahwa untuk menjelaskannya tersedia metode ilmiah.

Sekolah Pascasarjana UGM (2011)
Permasalahan penelitian memuat penjelasan mengenai alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang menarik, penting, dan perlu diteliti. Selain itu, juga diuraikan kedudukan masalah yang akan diteliti secara lebih komprehensif dan lebih luas.

Dari beberapa definisi tentang permasalahan penelitian yang telah dikemukakan oleh para pakar, sehingga dapat disintesiskan bahwa permasalahan penelitian merupakan suatu masalah ilmiah yang perlu dicarikan solusinya dengan menggunakan berbagai metode penelitian ilmiah.

Referensi:
Yunus H.S, 2010, Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
SPs UGM, 2011, Petunjuk Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis, Yogyakarta, Sekolah Pascasarjana UGM

Related Post

0 comments:

Cari Artikel

Arif Roziqin Official Website

Arif Roziqin Official Website

Twitter

Facebook

Google+

Blogger