Contoh Soal UTS Gasal IPS Kelas 7 SMP

Contoh Soal UTS Gasal IPS Kelas 7 SMP

Soal UTS:
1).Apa perbedaan tenaga endogen dan tenaga eksogen beserta contohnya?
2).Jelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya!
3).Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!
4).Jelaskan pengertian masa pra-aksara!
5).Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan!

Kunci Jawaban:
1.Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang sifatnya membangun relief permukaan bumi, contohnya erupsi gunungapi, sesar, dll. Sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi (angin, hujan, panas) yang sifatnya merusak permukaan bumi, contohnya erosi, pelapukan, dan tanah longsor.
Contoh Soal UTS Gasal IPS Kelas 7 SMP
2.Gempa bumi terjadi karena adanya tumbukan lempeng pada kerak bumi yang menghasilkan getaran pada permukaan bumi, gempa ini sering disebut gempa tektonik. Selain itu, gempa bumi juga bisa berasal dari aktivitas erupsi gunungapi, gempa ini sering disebut gempa vulkanik. Akibat terjadinya gempa bumi bisa menimbulkan korban jiwa, kerusakan rumah/bangunan, tanah longsor, dan jika gempa terjadi di dasar laut bisa berpotensi terjadinya tsunami.

3.Jenis-jenis bentuk muka bumi daratan antara lain: dataran tinggi, dataran rendah, gunung dan pegunungan, lembah, bukit dan perbukitan, jurang dll.

4.Masa pra-aksara / masa pra-sejarah adalah masa dimana manusia dalam kehidupannya sehari-hari belum mengenal tulisan.

5.Kehidupan pada masa pra-aksara dimulai dari (a)masa berburu dan mengumpulkan makanan, dimana manusia hidup nomaden dan mata pencahariannya berburu dihutan dengan alat batu dan tulang binatang yang masih kasar. (b) masa bercocok tanam, dimana pada masa ini manusia sudah mulai hidup menetap dan mata pencahariannya adalah bercocok tanam, alat yang digunakan untuk hidup sehari-hari adalah kapak lonjong (dari batu), mata panah (dari tulang), dan gerabah (dari tanah liat). (c) masa perundagian, dimana pada masa ini manusia sudah mulai mempunyai keahlian dalam mengolah logam (besi dan perunggu). Alat yang digunakan pada masa ini adalah nekara, kepak perunggu, bejana perunggu dll.

0 komentar:

Post a Comment