Pengertian Biogeografi

Jumat, 05 April 2013 ·


Biogeografi merupakan salah satu cabang Geografi. Biogeografi merupakan kombinasi dari kata “Bios” dan “Geografi”. Bios berarti hidup atau makhluk hidup, sedangkan Geografi merupakan studi dan deskripsi perbedaan-perbedaan dan agihan fenomena di bumi, yang mana mencakup semua yang mengubah dan mempengaruhi permukaan bumi, termasuk sifat-sifat fisiknya, iklim dan hasil-hasil, baik yang bersifat hidup atau tidak.

Biogeografi dapat diartikan sebagai studi tentang hubungan antara pola dan proses sebaran organisme dalam ruang dan waktu, atau bisa juga diartikan sebagai kajian organisme baik masa lampau maupun sekarang, atau bisa juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mencoba untuk menggambarkan dan memahami banyaknya pola dalam distribusi spesies dan kelompok taksonomi yang lebih besar.

Biogeografi merupakan cabang ilmu Geografi yang menekankan pada organisme dalam kaitannya dengan studi dan deskripsi perbedaan-perbedaan dan agihan fenomena di bumi, mencakup semua yang mengubah dan/atau mempengaruhi permukaan bumi, termasuk sifat-sifat fisik, iklim dan hasil-hasil, yang bersifat hidup atau tidak.

Biogeografi merupakan ilmu terpadu yang berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lain, antara lain berkaitan dengan Ekologi, Biologi Populasi, Sistematik, Geosains, dan Sejarah Alam. Adapun hubungan antara biogeografi dengan ilmu lain akan dijelaskan sebagai berikut: Ekologi, antara lain berkaitan dengan hubungan interaksi antar organisme atau organisme dengan lingkungan.

Biologi populasi, ciri biologi suatu populasi seperti potensi reproduksi sebagai perbandingan organisme masa lalu dan sekarang. Sistematik, karakteristik organisme sangat diperlukan sebagai informasi biologi evolusi. Geosains, ilmu kebumian sebagai dasar. Sejarah alam, perubahan kondisi permukaan bumi dapat menyebabkan perubahan tipe habitat dan pada akhirnya mempengaruhi sebaran organisme juga menyesuaikan.

Referensi:
Brown, J.H. and A.C. Gibson, 1983, Biogeography, The CV Mosby Company London
Cox C.B. and P.D. Moore, 1993, Biogeography An Ecologycal and Evolution, Black Well Scientific Publictiom
Huggett R.J., 1998, Fundamentals of Biogeography, Routledge, London
Pielou E.C., 1979, Biogeography, John Wiley & Sons, New York
Vander PIJL, 1990, Azaz-azaz Pemencaran Tumbuhan Tinggi, Gama Press

Related Post

0 comments:

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger