Ciri-ciri Guru yang Baik

Image by shutterstock.com
Ciri-ciri Guru yang Baik - Merupakan sebuah harapan bisa menjadi guru yang baik dari yang lain. Namun, lagi-lagi untuk menjadi tenaga pendidik yang baik tidak mudah. Terlelebih lagi jika anda baru lulus kuliah dan kemudian menjadi seorang pendidik di sekolahan. Anda perlu banyak belajar dari guru-guru senior dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Guru yang baik tidak ada sistem penilaiannya secara kontekstual. Berbeda dengan guru berprestasi dan guru profesional yang kesemuanya mempunyai kriteria dalam penilaian. Disini yang menilai adalah murid, sesama guru, lingkungan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Ada banyak kriteria guru yang baik. Semua itu saya rangkum dalam beberapa point di bawah ini. Setidaknya guru mempunyai salah satu sikap dalam point ini. Karena untuk bisa mempunyai sikap semua poin sangatlah sulit. Karena guru juga merupakan manusia biasa yang kadang lupa dan kadang salah. Berikut adalah ciri-ciri guru yang baik. Jangan lupa baca juga Tips Belajar yang Efektif di Rumah.

(i) Tenang dan tidak menunjukkan emosi yang menyala
(ii) Tidak mempunyai prasangka yang buruk kepada peserta didiknya
(iii) Dapat menyembunyikan perasaannya dari peserta didik
(iv) Memandang semua peserta didik sama
(v) Mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, bebas, motivator, dan semangat
(vi) Konsisten, tidak berubah-ubah pendirian dan jarang melakukan kesalahan
(vii) Pandai, bijaksana dalam memperlakukan siswa dan mampu menjawab pertanyaan siswa
(viii) Sanggup memberikan bantuan secara maksimal kepada peserta didik.

Adalah sangat sulit bisa mempunyai semua ciri-ciri diatas. Oleh karena itu, paling-tidak guru bisa memiliki salah satu ciri diatas agar bisa menjadi tenaga pendidik yang baik dan bertanggung jawab, serta dicintai oleh para siswanya.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda sekalian tentang Ciri-ciri Guru yang Baik. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Semoga kita semua bisa menjadi pendidik yang baik dan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Jangan lupa, baca juga artikel menarik lainnya di Blog Sahabat Geografi tentang Tips Belajar Mata Pelajaran Geografi. Terimakasih atas atensinya.