Akreditasi Program Studi / Jurusan S-1 PGMI Se-Indonesia

Akreditasi Program Studi / Jurusan S-1 PGMI Se-Indonesia - Penilaian akreditasi prodi/jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun swasta menjadi keharusan untuk dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Pasalnya, nilai / peringkat akreditasi merupakan tolok ukur kualitas pendidikan yang terdapat pada jenjang pendidikan pada jurusan tersebut.

Nilai akreditasi unggul (A) akan lebih mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat, baik yang akan masuk di jurusan tersebut, ataupun para sarjana lulusan dari program studi tersebut dalam memperoleh pekerjaan. Selain itu, fakta menunjukkan bahwa ternyata sertifikat akreditasi ini banyak dibutuhkan oleh para alumninya baik ketika mereka akan melanjutkan kuliah di strata-2 atau strata 3 ataupun ketika mereka sedang akan melamar pekerjaan.
Siswa Berprestasi di Madrasah Ibtidaiyah Jawa Tengah
Kita masih ingat betul Rekrutmen CPNS 2018 di Indonesia, dimana dalam persyaratan administrasi/berkas mengharuskan pelamar untuk melampirkan foto kopi sertifikat akreditasi program studi pada saat dia lulus dari kuliah tersebut. Dan untuk sarjana lulusan dengan predikat pujian (cumlaude) diwajibkan untuk melampirkan akreditasi A untuk prodi dan akreditasi A untuk institusi (sekolah tinggi, institut, universitas) pada saat ia lulus dari kampus tersebut.

Untuk program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Indonesia bervariasi nilai akreditasinya, ada yang A, B, dan C. Ada sekitar 130 program studi PGMI yang tersebar di kampus-kampus keagamaan di Indonesia baik negeri ataupun swasta, berikut adalah uraiannya.

Akreditasi Program Studi / Jurusan S-1 PGMI Se-Indonesia
Prodi/Jurusan Perguruan Tinggi Akreditasi Masa Berlaku
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember B 2019-2024
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Bone C 2019-2022
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Wonosari Yogyakarta Gunungkidul C 2019-2024
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk B 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAI Muhammadiyah Sinjai C 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Pontianak C 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Makhdum Ibrahim Tuban C 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi B 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Taruna Surabaya C 2018-2022
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Sultan Amai Gorontalo C 2018-2023
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Tasikmalaya C 2018-2023

Selengkapnya silahkan klik download disini.

Data nilai akreditasi tersebut bersumber dari website/situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu sebuah badan yang menangani perihal akreditasi institusi dan program studi di perguruan tinggi baik kampus umum ataupun keagamaan, baik kampus negeri ataupun swasta di Indonesia. Data nilai akreditasi tersebut diakses sahabat geografi pada 30 maret 2019.

Semoga artikel informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian. Terimakasih atas kunjungan saudara di blog sahabat geografi.

2 komentar:

Blogger said...

This is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I have shared your website in my social networks!
info bimtek

Rai Vinsmoke said...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Post a Comment