Makalah Paradigma Baru PKn di MI / SD

Makalah Paradigma Baru PKn di MI / SD - Selamat malam sahabat, salam sejahtera untuk kita semua, semoga sobat tetap senantiasanya dalam lindunganNya dan tetap semangat dalam belajar dan berkarya sepanjang hayat masih dikandung badan.

Dalam kesempatan kali ini admin blog sahabat geografi akan berbagi sebuah makalah karya mahasiswa generasi millenial Indonesia. Secara berkelompok mereka telah menyusun sebuah karya tulis ilmiah sebagai bagian tugas terstruktur dalam mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd di kampus iain ponorogo.

Para penulis diantaranya adalah Anik Maisaroh, Chusnun Mufidah Istinarosa, Muhammad Rofi’i, Rindang Ayu Meilinda, Siti Mutmainah, dan Syahrotul Munawaroh. Mereka merupakan mahasiswa tingkat iv kelas b pada jurusan pgmi (pendidikan guru madrasah ibtidaiyah).
Download Makalah Paradigma Baru PKn di MI / SD, Contoh Makalah SMP, SMA, Mahasiswa, Blog Geografi

Makalah ini bisa dikatakan lengkap karena memuat struktur makalah standar ilmiah, hanya saja referensi yang digunakan sebagian besar mengacu pada diktat/modul kuliah universitas terbuka. Mestinya tidak hanya satu sumber saja dalam menggunakan referensi, akan tetapi kalau bisa minimal 10 sumber pustaka. Bisa dari jurnal ilmiah, buku, diktat, skripsi, tesis, disertasi, berita, dll.

Meskipun demikian, secara garis besar tugas kuliah menyusun makalah ini sudah lumayan bagus, dan bisa dijadikan contoh penulisan makalah yang baik dan benar bagi sobat semua yang sedang mengerjakan tugas karya tulis ilmiah baik di sekolahan atau di kampus almamater anda.

Judul Makalah
Paradigma Baru PKn di MI/SD

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia telah mengalami perkembangan  yang sangat dinamis dengan segala liku-liku permasalahannya. Sejak diproklamirkan kebangsaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan saat ini, bangsa dan negara Indonesia  telah mengalami pasang surut dalam instrumentasi dan praktisi kehidupan, walaupun secara formal landasan filosofinya tetap, yakni Pancasila. Kini konteks kehidupan global itu ditandai oleh semakin terbukanya kerja sama dan sekaligus persaingan antar bangsa/antar negara, yang berarti juga semakin kompleksnya bangsa Indonesia mengarungi berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Dalam proses perjalanan bangsa Indonesia menuju masyarakat madani, yakni masyarakat bangsa dan negara yang berpijak dan bermuara pada konsep dan nilai Pancasila dan UUD 1945, sebagai salah satu muatan kurikulum pendidikan dasar, menengah, pan pendidikan tinggi, perlu menyesuaikan diri secara adaptif dan koheren dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah.

Pada hakikatnya proses pembangunan karakter dan bangsa harus dengan sengaja, maksudnya untuk membangun masyarakat bangsa dan negara Indonesia harus demokratis, religius, beradap, bersatu, dan berkeadilan sosial. Dalam proses itulah, pembangunan karakter dan bangsa harus disikapi dan diperlukan sebagai kebutuhan yang sangat mendesak yang secara konseptual dan programatik memerlukan pola pemikiran atau paradigma baru.

Misi Pkn dengan paradigma barunya adalah mengembangkan pendidikan demokratis yang secara psikopedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga karakteristik pokok warga negara yang demokratis, yakni kecerdasan warga negara, tanggung jawab warga negara, dan partisipasi warga negara.

B.Rumusan Masalah
1.Apa pengertian paradigma baru PKn SD?
2.Apa saja karakteristik warga negara yang demokratis?
3.Bagaimana model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara yang demokratis?
4.Apa tujuan  dari paradigma  baru pembelajaran PKn?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui pengertian paradigma baru PKn SD
2.Untuk mengetahui karakteristik warga negara yang demokratis
3.Untuk mengetahui model pembelajaran PKn untuk pengembangan warga negara yang demokratis
4.Untuk mengetahui tujuan  dari paradigma  baru pembelajaran PKn

Bagi sobat yang hendak mengunduh soft file makalah ini, anda bisa klik download pada link berikut ini. Pastikan selalu menyertakan sumber rujukan dalam proses penulisan makalah agar makalah anda bebas dari plagiarisme dan sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment