Makalah Struktur dan Persebaran Penduduk

Makalah Struktur dan Persebaran Penduduk - Persoalan kependudukan selalu menarik untuk dikaji, terutama dalam disiplin ilmu geografi, kependudukan, perencanaan wilayah dan kota, statistik, penginderaan jauh, kesehatan masyarakat dan lain sebagainya.

Terlebih lagi di Indonesia, yang mana mempunyai jumlah penduduk yang cukup besar. Yakni masuk rangking 4 dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Ranking pertama negara tiongkok, kemudian india, dan amerika serikat, dan keempat adalah Indonesia tercinta.

Jumlah penduduk yang besar dan wilayah Indonesia yang luas, mempunyai potensi dan permasalahan yang kompleks bagi pemerintah Indonesia. Sehingga perlu dicarikan opsi-opsi solusi alternatif dalam upaya menekan angka pertumbuhan penduduk yang segnifikan tersebut. Salah satunya program keluarga berencana yang sudah direalisasikan oleh pemerintah RI.
Contoh Makalah Struktur dan Persebaran Penduduk, Tugas Makalah Mahasiswa, Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar, Blog Geografi Indonesia

Tema makalah struktur dan persebaran penduduk ini ternyata menarik untuk dikaji secara holistik dan komprehensif sebagai bagian dalam mempelajari dan memahami disiplin ilmu kependudukan / demografi.

Para penulis makalah ini adalah Catur Yuniati, Hariz Yulian Nur Fiqri, Aulia Nadia Salma, Maksum Rifa’i Herkusuma dan Della Anggraini. Penulis merupakan mahasiswa tadris / pendidikan ips semester 4 pada perguruan tinggi iain ponorogo tahun akademik 2019. Berikut makalah selengkapnya.

Judul Makalah
Struktur dan Persebaran Penduduk

Bab I Pendahuluan
A.Latar belakang
Demografi berasal dari bahasa Yunani: demos dan graphein. Demos berarti rakyat dan graphein berarti penulisan atau penggambaran. Jadi demografi adalah gambaran tentang penduduk. Secara ilmiah, demografi adalah ilmu pengetahuan yang mengumpulkan menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian perpindahan dan penyebaran penduduk.

Dengan kata lain, demografi adalah ilmu kependudukan. Penduduk atau populasi manusia adalah jumlah manusia yang berada pada daerah tertentu dan dalam waktu tertentu.

Uraian yang akan kami bahas ini menyangkut persoalan struktur dan persebaran penduduk yang merupakan salah satu bagian penting di dalam materi dasar-dasar Demografi. Dengan cakupan yang akan kami bahas ini diharapkan dapat membantu kami semua sebagai mahasiswa Tadris IPS untuk dapat memahami hal-hal yang terkait dengan struktur dan persebaran penduduk.

B.Rumusan Masalah
1.Apa pengertian struktur penduduk?
2.Apa itu komposisi penduduk?
3.Apa ruang lingkup, definisi dan ukuran-ukuran dalam demografi?
4.Apa yang dimaksud persebaran penduduk?
5.Apa itu piramida penduduk?

C.Tujuan Penulisan
1.Mengetahui pengertian struktur penduduk
2.Mengetahui komposisi penduduk
3.Mengetahui ruang lingkup, definisi dan ukuran-ukuran dalam demografi
4.Mengetahui persebaran penduduk
5.Mengetahui piramida penduduk

Bagi sahabat yang hendak membaca dan mempelajari isi makalah secara lengkap, anda bisa download pada link berikut ini. Pastikan jika ingin mengutip sebagian besar/kecil isi makalah agar saudara menyertakan sumber nya sebagai insan akademik yang berintegritas dan berkomitmen. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment