Makalah Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945

Makalah Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945 - Makalah merupakan tugas terstruktur dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Adalah karya tulis ilmiah yang berisi permasalahan dan pembahasan yang mendalam serta referensi yang relevan, dan pada akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan dan saran atas persoalan dalam kajian keilmuan tertentu.

Proses penyusunan makalah sebenarnya tidak sulit, tapi juga tidak boleh dianggap mudah, karena membutuhkan pemikiran yang logis dan sistematis dari penulis makalah. Untungnya, tugas menyusun makalah di sekolah / kuliah biasanya dikerjakan berkelompok, sehingga proses pembuatannya bisa dikatakan lebih ringan, karena adanya kerjasama dan gotong royong antar anggota kelompok.
Contoh Tugas Makalah Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD Negara Tahun 1945 Blog Geografi

Bagian penting yang tidak boleh dilupakan dalam struktur / susunan makalah adalah halaman cover, kata pengantar, daftar isi, latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, pembahasan, kesimpulan, saran/rekomendasi, dan daftar pustaka.

Umumnya makalah terdiri dari komponen diatas. Tapi format penulisan biasanya mengikuti ketentuan yang berlaku pada institusi pendidikan masing-masing, seperti misalnya ada penambahan catatan kaki (foot note), dll.

Dalam kesempatan sore hari yang cerah ini admin blog sahabat geografi akan berbagi contoh makalah yang baik dan benar yang telah disusun oleh teman-teman mahasiswa jurusan pgmi ivc iain ponorogo tahun 2019 saat mengikuti mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd.

Penyusun makalah ini antara lain adalah Cholifah Ayuk A., Sindi Putri Afia Y., Effiana Cahya N., Sulamudiana dan Talitha Syifa B.A. Mereka bekerjasama secara gotong royong dalam proses penulisan makalah ini. Susunan penulisan makalah ini sudah bagus karena memuat komponen makalah secara lengkap dan sesuai dengan kaidah ilmiah.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Pancasila dan UUD 1945

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Pancasila adalah nilai-nilai kehidupan Indonesia sejak zaman nenek moyang sampai dewasa ini. Berdasarkan hal tersebut terdapatlah perbedaan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat lain. Nilai-nilai kehidupan tersebut mewujudkan amal perbuatan dan pembawaan serta watak orang Indonesia. Dengan kata lain masyarakat Indonesia mempunyai ciri sendiri, yang merupakan kepribadianya.

Dengan nilai-nilai tersebut rakyat Indonesia melihat dan memecahkan masalah kehidupan ini untuk mengarahkan dalam kegiatan kehidupanya bermasyarakat. Demikianlah mereka melaksanakan kehidupan yang diyakini kebenaranya. Itulah pandangan hidupnya, karena keyakinan yang telah mendarah daging itulah maka pancasila dijadikan dasar negara serta ideologi negara. Itulah kebulatan tekad rakyat Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 melalui panitia persiapan kemerdekaan Indonesia.

Untuk mewujudkan masyarakat pancasila, diperlukan suatu hukum yang berisi norma-norma, aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan dan ditaati oleh setiap warga negara Indonesia. Hukum yang dimaksud adalah UUD 1945 sebagai hukum dasar tertulis di Negara kita. Untuk itu perlunya kita mempelajari materi dan pembelajaran pancasila dan UUD 1945 untuk mengetahui dasar negara bangsa kita sendiri.

Oleh karena itu kelompok kami membuat makalah yang membahas mengenai pengertian, kedudukan dan fungsi pancasila, pembukaan UUD 1945, kedudukan dan fungsi UUD 1945, hubungan antara pancasila dengan UUD 1945.

B.Rumusan Masalah
1.Apa pengertian, kedudukan dan fungsi Pancasila ?
2.Bagaimana pembukaan UUD 1945, kedudukan dan fungsi UUD 1945 ?
3.Bagaimana hubungan antara pancasila dengan UUD 1945 ?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui apa pengertian, kedudukan dan fungsi pancasila yang baik dan benar.
2.Untuk mengetahui bagaimana pembukaan UUD 1945, kedudukan dan fungsi UUD 1945 yang baik dan benar.
3.Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pancasila dengan UUD 1945.

Bagi sahabat yang hendak mendownload soft file makalah ini, anda bisa klik download pada link berikut ini. Pastikan jika sahabat ingin mengutip sebagian isi dalam makalah untuk mencantumkan nama penulisnya sebagai bentuk apresiasi atas karya tulis makalah ini. Terimakasih atas pengertiannya.

1 komentar:

JHON said...

https://www.okeynotes.com
MEDIA SOSIAL TERPOPULER DI INDONESIA.
DAFTAR GRATIS
Install Android/Hp anda:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wOKEYNOTES_8961692

Post a Comment