Makalah Metode Sejarah Heuristik dan Pengertian Sumber Sejarah

Makalah Metode Sejarah Heuristik dan Pengertian Sumber Sejarah - Sejarah diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari peristiwa pada masa lalu. Kejadian tersebut bisa berupa sejarah suatu bangsa, sejarah peradaban manusia pra aksara, dan peristiwa terkini suatu bangsa, dan masih banyak lagi.

Disiplin ilmu sejarah dalam melakukan riset penelitian mempunyai metode spesifik yang membedakan dengan disiplin keilmuan lain. Berbagai metode digunakan untuk mengkaji peristiwa sejarah secara holistik dan komprehensif serta bersifat obyektif sesuai dengan realitas kehidupan pada masa lalu.

Urgensi mengkaji metode sejarah ini dibahas secara luas dengan suatu sajian makalah karya ilmiah mahasiswa. Makalah ini disusun guna memenuhi salah satu tugas terstruktur pada mata kuliah pengantar sejarah pada jurusan tadris ips iain ponorogo tahun 2019.
Contoh Makalah Pelajar Bagus Tentang Metode Sejarah Heuristik dan Pengertian Sumber Sejarah Blog Geografi

Para penulis makalah diantaranya adalah Laila, Mimin, Thoriq, dan Satya. Mereka secara kelompok menyusun tugas makalah dengan baik sesuai dengan deadline yang ditentukan.

Makalah ini secara umum sudah lumayan bagus karena sudah memuat komponen wajib dalam makalah. Dan penyajiannya sudah lengkap, meskipun dalam segi jumlah halaman makalah masih terlalu singkat hanya terdiri dari 12 halaman.

Judul Makalah
Metode Sejarah Heuristik dan Pengertian Sumber Sejarah

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Metode sejarah adalah cara yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian dan mencari sumber-sumber sejarah dan permasalahannya. Metode sejarah digunakan sebagai penelitian, pada prinsipnya bertujuan untuk merekonstruksi peristiwa sejarah.

Sumber sejarah adalah bahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa sejarah hanya dapat direkonstruksikan apabila didukung oleh fakta-fakta yang mencukupi.

Berpijak pada posisi penting dari fakta, maka pengumpulan sumber merupakan tahap yang sangat menentukan berhasil tidaknya sebuah penelitian sejarah. Apabila sejarawan mengalami kegagalan dalam mengumpulkan sumber tentang topik yang diteliti, maka otomatis penelitian tersebut akan berhenti.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana pengertian metode Sejarah Heuristik?
2.Bagaimana tahapan metode Sejarah Heuristik?
3.Bagaimana pengertian sumber Sejarah?
4.Apa saja macam-macam sumber Sejarah?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui pengertian metode Sejarah Heuristik.
2.Untuk mengetahui tahapan metode Sejarah Heuristik.
3.Untuk mengetahui pengertian sumber Sejarah.
4.Untuk mengetahui macam-macam sumber Sejarah.

Bagi sahabat yang hendak melihat seluruh isi makalah secara lengkap, anda bisa klik download pada link berikut ini. Pastikan jika anda ingin mengutip sebagian isi makalah ini untuk menyertakan nama penulis nya. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment