Makalah Arti dan Tujuan Pendidikan Kependudukan (Demografi)

Makalah Arti dan Tujuan Pendidikan Kependudukan (Demografi) - Selamat siang sahabat, salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita senantiasa masih tetap dalam lindunganNYA. Dan admin sampaikan ucapan selamat datang di blog sahabat geografi, semoga sobat diberi kemudahan dalam menyelesaikan persoalan yang sedang anda hadapi.

Dalam kesempatan kali ini admin blog sahabat geografi akan berbagai informasi yang cukup bermanfaat bagi sobat sekalian. Adalah share contoh makalah sederhana simple yang telah disusun oleh para anak muda mahasiswa, dalam rangka menyelesaikan tugas kuliah secara berkelompok. Dan struktur makalah sudah lumayan lengkap.

Pembahasan dalam makalah ini secara umum sudah terstruktur, sistematis dan massif (TMS). Sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami oleh sahabat semua. Gaya bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti, sehingga harapannya bisa menambah khasanah ilmu pengetahuan, dan syukur-syukur bisa  memberikan sumbangsih pemikiran bagi generasi millenial di Indonesia, bahkan dunia.
Makalah Arti dan Tujuan Pendidikan Kependudukan (Demografi) Blog Geografi

Makalah ini disusun dan sudah dipresentasikan di depan kelas dan sudah didiskusikan bersama teman-teman mahasiswa. Penyusun makalah ini diantaranya adalah saudara Amiruddin, Diah Nuril Azizah, Nafi' Alin Burhanuddin, Pinta Hayu Faizzana dan Rofid Wicaksono. Mereka adalah mahasiswa semester IV jurusan tadris ilmu pengetahuan sosial institut agama islam negeri ponorogo.

Judul Makalah:
Arti dan Tujuan Pendidikan Kependudukan (Demografi)

Bab I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang banyak. Itu dapat dilihat dari sensus penduduk yang semakin tahun semakin meningkat. Dalam  pengetahuan tentang kependudukan dikenal sebagai istilah karakteristik penduduk yang berpengaruh penting terhadap proses demografi dan tingkah laku sosial ekonomi penduduk.

Dibanding dengan negara-negara berkembang lainnya, Indonesia menempati kedudukan ketiga setelah Cina dan India dalam jumlah penduduk. Indonesia merupakan negara yang sedang membangun dengan  mempunyai masalah kependudukan yang sangat serius disertai dengan jumlah penduduk yang sangat besar dan pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi serta persebaran penduduk yang tidak merata. Jumlah penduduk bukan hanya modal, tetapi merupakan beban dalam pembangunan.

Demografi adalah salah satu disiplin ilmu. Bidang kajiannya adalah struktur (susunan) populasi manusia atau kependudukan di lingkup wilayah tertentu dan dalam periode tertentu pula. Studi demografi akan mengkaji sebab dan akibat perubahan struktur kependudukan termasuk peningkatan atau pengurangan jumlah penduduk yang disebabkan tingkat kelahiran, tingkat kematian, dan proses perpindahan (migrasi) penduduk.

Problematik demografi dalam meningkatkan kesejahteraan sudah berada di wilayah terapan ilmu demografi. Pertanyaan mendasarnya adalah upaya mencari keseimbangan struktur penduduk di wilayah tertentu pada periode tertentu dan kesejahteraan optimal yang dapat dicapai.

1.2.Rumusan Masalah
1.Apa pengertian dasar ilmu kependudukan atau demografi?
2.Bagaimana ruang lingkup ilmu kependudukan?
3.Bagaimana dinamika penduduk?
4.Apa saja ukuran dasar dalam demografi?
5.Apa saja teori kependudukan?
6.Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi?

1.3.Tujuan Penulisan
1.Mengetahui pengertian dasar ilmu kependudukan atau demografi
2.Mengetahui ruang lingkup ilmu kependudukan
3.Mengetahui dinamika penduduk
4.Mengetahui ukuran dasar dalam demografi
5.Mengetahui teori kependudukan
6.Mengetahui pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi

Makalah lengkap mulai dari awal sampai akhir dengan format dokumen PDF bisa anda download pada link berikut. Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Pastikan jika anda ingin mengutip sebagian besar/kecil isi dalam makalah ini untuk mencantumkan nama penulis pada halaman daftar pustaka sebagai bentuk apresiasi atas karya tulisnya. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment