Makalah Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Makalah Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM) - Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang berisi kajian komprehensif mengenai suatu permasalahan aktual dan pembahasan yang logis, sistematis dan normatif berdasarkan teori dan konsep dari berbagai sumber rujukan yang relevan, yang menghasilkan suatu kesimpulan dan berbagai saran dan masukan atas suatu masalah tersebut.

Makalah disusun tidak hanya untuk sekedar memenuhi tugas, ini terutama bagi para pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi, tapi lebih kepada suatu proses akademik dalam upaya belajar melakukan sebuah kajian pustaka atas suatu permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Untuk itu, dalam proses penyusunan makalah pun tidak boleh asal-asalan, melainkan harus sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. Misalnya seperti diperlukannya sumber referensi yang jelas, tata tulis, bahasa, dan kelengkapan komponen/struktur makalah itu sendiri.
Contoh Makalah Bagus, Makalah Materi Dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM), Blog Geografi

Karakteristik makalah yang baik dan benar adalah makalah mudah dipahami oleh pembaca, karena penulisannya terstruktur, sistematis, dan logis. Sehingga akan mudah dalam menemukan benang merah yang ada dalam makalah. Substansi makalah menjadi nilai tersendiri, karena menyangkut bobot atau kualitas makalah, selain struktur makalah.

Berikut ini adalah salah satu contoh makalah karya mahasiswa jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah iain ponorogo semester 4 pada tahun 2019. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas terstruktur mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd. Para penulis adalah Ardy Effendi, Luzsyana Vin Febrianty Putri, Mauliawati Ulfa, Siti Saliza, dan Umu Muzayyanah.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Sejarah perjuangan bangsa Indonesia hingga kini mencatat berbagai penderitaan, kesengsaraan dan kesenjangan sosial, yang disebabkan oleh perilaku tidak adil dan diskriminatif atas dasar etnik, ras, warna kulit, budaya, bahasa, agama, golongan, jenis kelamin dan status sosial lainnya.

Pada kenyataannya selama lebih dari lima puluh tahun usia Republik Indonesia, pelaksanaan penghormatan, perlindungan, atau penegakan hak asasi manusia masih jauh dari memuaskan. Hal tersebut tercermin dari kejadian berupa penculikan, penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, penggusuran dan juga pembakaran tempat tinggal. Selain itu juga ada penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat publik dan aparat.

Materi Hak Asasi Manusia diajarkan dalam PKn sebagai upaya agar meningkatkan kesadaran siswa terhadap hak asasi manusia. Tujuannya untuk mencegah siswa melakukan tindakan yang bertentangan dengan hak asasi manusia. Dan sebagai mata pelajaran yang membentuk warga negara agar memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter.

Oleh karena itu pembelajaran hak asasi manusia pada PKn perlu dibangun dan dikembangkan guna melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa yang memerlukan kesadaran hak asasi manusia dari setiap warga negaranya, sehingga tujuan dari pembelajaran hak asasi manusia tercapai yaitu terciptanya warga negara yang mau dan mampu untuk menjunjung tinggi hak asasinya.

B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan HAM?
2.Bagaimana Materi dan Pembelajaran HAM di MI/SD?
3.Bagaimana Pendekatan dan Prinsip Pembelajaran HAM di MI/SD?

B.Tujuan Penulisan
1.Mengetahui pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)
2.Mengetahui Materi dan Pembelajaran HAM di MI/SD
3.Mengetahui Pendekatan dan Prinsip Pembelajaran HAM di MI/SD

Untuk membaca seluruh dokumen makalah secara lengkap, sahabat bisa mendownload soft file makalah dalam format PDF pada link berikut ini. Pastikan jika ingin mengutip sebagian kecil/besar isi dalam makalah untuk bersedia mencantumkan nama penulis nya sebagai bentuk apresiasi atas karyanya. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment