Makalah Sumber-Sumber dan Evaluasi Data Kependudukan

Makalah Sumber-Sumber dan Evaluasi Data Kependudukan - Tugas menyusun makalah merupakan tugas yang menyenangkan, sekaligus juga menyedihkan. Maksudnya menyenangkan jika digarap secara kelompok dan bekerjasama dalam proses menyusun makalah. Menyedihkan jika ternyata yang mengerjakan hanya satu orang, padahal tugas makalah adalah tugas kelompok.

Tugas menyusun makalah adalah proses belajar dan membiasakan diri untuk melatih dan mendidik pelajar untuk membekali diri dalam menghadapi realitas kehidupan pada masa yang akan datang. Ketika sobat sudah bekerja di suatu sekolahan / instansi / lembaga / yayasan, pasti akan menjumpai kerja kelompok, selain juga kerja mandiri. Inilah yang kemudian rasa tanggung jawab perlu dibiasakan sejak mulai dibangku sekolah/kuliah.
Kumpulan Makalah Singkat, Contoh Makalah Lengkap, Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah Remaja, Makalah Sumber-Sumber dan Evaluasi Data Kependudukan, Blog Geografi

Dalam kesempatan kali ini admin blog sahabat geografi akan berbagi contoh makalah singkat sederhana dan dengan struktur makalah lengkap yang baik dan benar yang bisa dijadikan acuan untuk teman-teman pelajar tanah air dalam proses membuat makalah sebagai bentuk tugas sekolah/kuliah.

Makalah ini merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa jurusan tadris ips iain ponorogo semester 4 tahun akademik 2019. Penulis makalah ini adalah Imrokatus Solikah, Lu'lu'ul Mufidah, Rusiah, Muhammad Faiza Habibillah dan Nurul Hidayah.

Mereka bekerja sama dalam satu tim kelompok kecil untuk menyusun makalah ini sebagai salah satu tugas pada mata kuliah pendidikan kependudukan. Makalah selengkapnya bisa sahabat baca pada paragraf berikut ini. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Judul Makalah
Sumber-Sumber dan Evaluasi Data Kependudukan

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Para pemakai data kependudukan, khususnya para perencana, pengambil kebijaksanaan,dan peneliti sangat membutuhkan data penduduk yang berkesinambungan dari tahun ke tahun. Padahal sumber data penduduk yang tersedia hanya secara periodik, yaitu Sensus Penduduk (SP) pada tahun-tahun yang berakhiran dengan angka 0 (nol) dan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) pada pertengahan dua sensus atau tahun-tahun yang berakhiran dengan angka 5 (lima).

Sumber data kependudukan yang lain yaitu registrasi penduduk masih belum sempurna cakupan pencatatannya sehingga datanya belum dapat digunakan untuk perencanan pembangunan nasional. Seperti diketahui bahwa hampir semua rencana pembangunan perlu ditunjang dengan data jumlah penduduk, persebaran dan susunannya menurut umur penduduk yang relevan dengan rencana tersebut.

Data yang diperukan tidak hanya menyangkut keadaan pada waktu rencana itu disusun, tetapi juga informasi masa lampau dan yang lebih penting lagi adalah informasi perkiraan pada waktu yang akan datang. Data penduduk pada waktu yang lalu dan waktu kini sudah dapat diperoleh dari hasil-hasil survei dan sensus, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan data penduduk pada masa yang akan datang perlu dibuat proyeksi penduduk yaitu perkiraan jumlah penduduk dan komposisinya di masa mendatang.

Proyeksi penduduk bukan merupakan ramalan jumlah penduduk tetapi suatu perhitungan ilmiah yang didasarkan pada asumsi dari komponen-komponen laju pertumbuhan penduduk, yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan (migrasi). Ketiga komponen inilah yang menentukan besarnya jumlah penduduk dan struktur umur penduduk di masa yang akan datang.

Untuk menentukan asumsi dari tingkat perkembangan kelahiran, kematian dan perpindahan di masa yang akan datang diperlukan data yang menggambarkan tren di masa lampau hingga saat ini, faktor-faktor yang mempengaruhi masing-masing komponen itu, dan hubungan antara satu komponen dengan yang lain serta target yang akan dicapai atau diharapkan pada masa yang akan datang.

B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan sumber data penduduk?
2.Apa pentingnya evaluasi data?
3.Apa saja data penduduk yang perlu di evaluasi?
4.Bagaimana mengevaluasi data itu?

C.Tujuan
1.Untuk mengetahui sumber data penduduk
2.Untuk mengetahui pentingnya evaluasi data
3.Untuk mengetahui data penduduk apa saja yang perlu di evaluasi data
4.Untuk memahami cara yang dilakukan dalam mengevaluasi data

Dokumen makalah lengkap dalam format pdf bisa anda peroleh dengan klik download pada link berikut ini. Pastikan jika anda ingin mengutip sebagian kecil/besar isi dalam makalah ini untuk menyertakan sumbernya. Terimakasih atas perhatian sahabat sekalian.

0 komentar:

Post a Comment