Makalah Kritik Sumber Sejarah: Intern Dan Ekstern

Makalah Kritik Sumber Sejarah: Intern Dan Ekstern - Makalah merupakan tugas yang cukup sering digarap oleh para pelajar, entah itu siswa SMP dan SMA, maupun mahasiswa di kampus. Biasanya tugas kelompok dalam menyusun makalah, tapi juga ada tugas individu, misalnya makalah penelitian.

Bagi para pelajar yang kesulitan dalam menyusun makalah, mungkin saat ini perlu belajar cara bikin makalah yang baik dan benar. Terutama terkait format penulisan makalah atau susunan komponen yang ada di dalam makalah.

Makalah umumnya terdiri dari 3 bab, yaitu bab pendahuluan, pembahasan, dan penutup plus di tambah halaman daftar pustaka. Tapi bisa juga diberi halaman lain, agar makalah lebih komplit susunannya. Seperti diberi halaman judul, halaman kata pengantar, halaman daftar isi, 3 bab dan halaman daftar pustaka.
Makalah Lengkap Singkat Jelas, Makalah Kritik Sumber Sejarah - Intern Dan Ekstern, Contoh Makalah Bagus, Blog Geografi

Berikut ini adalah salah satu contoh makalah yang sudah lumayan baik dan benar susunannya. Komponen makalah sudah lengkap, meskipun cukup singkat karena hanya terdiri dari 12 halaman saja. Tapi, penulis makalah perlu diberi apresiasi karena sudah meluangkan tenaga, fikiran, dan waktu dalam proses pembuatan makalah.

Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah pengantar sejarah pada semester 2 pada jurusan tadris ips iain ponorogo tahun 2019. Para penulis adalah Yustita, Wina, Khusnul dan Luki. Semoga apa yang mereka tulis bisa bermanfaat untuk kita semua.

Judul Makalah
Kritik Sumber Sejarah: Intern Dan Ekstern

Bab I Pendahuluan
A.Latar belakang
Kritik sejarah adalah sebuah metode tafsir yang mempertimbangkan faktor historis dari suatu teks untuk dapat menggali maknanya secara lebih mendalam.

Sejarah tidak terlepas dari unsur subjektif maka dari itu untuk meminimalisir hal tersebut dilakukannya kritik sumber sejarah dengan tujuan “untuk membedakan apa yang benar, apa yang tidak benar (palsu), apa yang mungkin dan apa yang meragukan atau mustahil” kegiatan ini dimaksudkan sebagai proses analisis dari metodologi sejarah terhadap kebenaran atau keaslian atau keotentikan terhadap sumber sejarah seperti dokumen dari arsip-arsip maupun sumber sejarah lainnya.

Sehingga dengan dengan adanya tahapan kritik sumber ini dapat mengetahui kebenaran atau keaslian dan keotentikan dari sumber sejarah tersebut sehingga sejarah yang ditulis (historiografi) oleh sejarawan dapat di uji kebenarannya.

B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan kritik sumber sejarah ?
2.Apa yang dimaksud kritik sumber sejarah eksternal dan internal?
3.Bagaimana fungsi kritik sumber sejarah ?
4.Apa tujuan kritik sumber sejarah ?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui kritik sumber sejarah.
2.Untuk mengetahui kritik sumber sejarah eksternal dan internal.
3.Untuk mengetahui fungsi dari kritik sumber sejarah.
4.Untuk mengetahui tujuan kritik sumber sejarah.

Bagi sahabat yang ingin mengunduh makalah ini, anda bisa klik download disini. Pastikan jika sobat mengutip sebagian isi makalah untuk bersedia mencantumkan nama penulis makalah dalam daftar pustaka sebagai bentuk apresiasi kepada para penulis. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment