Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa di dalamnya, bersatu padu membangun sebuah bangsa yang bermartabat untuk membangun Indonesia yang berdaulat, aman, sejahtera dan adil makmur seperti yang dicita-citakan oleh para founding father.

Indonesia diproklamirkan kemerdekaannya tepat pada tanggal 17 agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta. di jalan pegangsaan timur jakarta dan disaksikan oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia, yang sudah sejak lama merindukan suatu kemerdekaan.

Sejarah bangsa Indonesia menarik untuk kita kaji sebagai bekal keilmuan dan menambah wawasan kebangsaan betapa luar biasa para pendahulu kita dengan segenap jiwa raga dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemudian mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Contoh Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan, Blog Geografi Indonesia

Kita sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif yang sesuai dengan amanat leluhur bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, toleransi antar umat beragama, tenggang rasa, dan menjaga martabat bangsa.

Pembahasan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini dikaji secara komprehensif dalam sebuah makalah yang telah disusun oleh teman-teman mahasiswa jurusan pgmi kelas ivc iain ponorogo tahun 2019 saat mengikuti mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd.

Para penulis makalah diantanya adalah Musarofah, Lutfi Nurli Laili, Rina Safitri, Lukdhatul Mukaromah, Maharani Eka Saputri, dan Binti Sa’adah.

Makalah ini terdiri dari 12 halaman, yang cukup singkat, dan format penulisan makalah sudah lengkap struktur/susunannya, serta substansi makalah sudah bagus, sehingga bisa dijadikan contoh penulisan makalah yang baik dan benar bagi sahabat sekalian.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Indonesia mengukir kisah perjuangan yang panjang dalam perjalanannya. Kemerdekaan yang didapatkan sekarang ini bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Bangsa Indonesia dijajah oleh negara lain selama berabad lamanya. Penjajahan terlama dilakukan oleh Belanda. Belanda menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun.

Berbagai faktor yang melandasi penjajahan Belanda di Indonesia, salah satunya adalah motif berdagang yang bergeser seiring dengan keinginan untuk  berkuasa. Berbagai konflik yang terjadi dengan penguasa sebelumnya, yaitu Inggris dan Portugis menghadirkan  persaingan. Persaingan yang direalisasikan dengan adanya kondisi perdagangan  yang merugikan Bangsa Indonesia.

Tugas Pkn, khususnya dalam mengembangkan pendidikan demokrasi, adalah mengembangkan kecerdasan warga negara (civic intelligence), tanggung jawab warga negara (civic responsibility)  dan partisipasi warga    negara (civic participation). Kecerdasan warga negara yang dikembangkan untuk membentuk warga negara yang baik bukan hanya dalam dimensi rasional melainkan juga dalam dimensi spiritual, emosional dan sosial.

Sejarah perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan suatu bangsa akan terus dipelajari, dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Hal ini akan dilakukan oleh bangsa manapun karena apabila suatu bangsa tidak mengetahui sejarah bangsanya sendiri, maka bangsa tersebut akan kehilangan arah kehidupan menuju masa depan.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana Perjuangan  Bangsa Indonesia melawan penjajah?
2.Bagaimana Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara?
3.Bagaimana Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia?

C.Tujuan
1.Agar mengetahui bagimana perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah
2.Agar mengetahui bagaimana persiapan kemerdekaan indonesia dan perumusan dasar negara
3.Agar mengetahui bagaimana perjuangan mempertahankan kemerdekaan indoneia.

Bagi sahabat yang ingin mengunduh makalah ini secara lengkap, silahkan bisa klik download pada link berikut ini. Pastikan jika ingin mengutip isi dalam makalah untuk menyertakan sumber nya yaitu para penulis makalah sebagai rasa terimakasih atas karyanya. Selamat mengerjakan tugas sahabat.

0 komentar:

Post a Comment