Makalah Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia

Makalah Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia - Hai all, jumpa lagi di blog sahabat geografi, blog seputar dunia pendidikan dan kabar berita terkini nasional. Semoga sahabat berkenan singgah dan baca post di blog ini. Jangan lupa klik suka dan follow akun sosial media ya agar mudah memperoleh update artikel terbaru.

Dalam kesempatan kali ini admin blog sahabat geografi akan share seputar contoh makalah yang baik dan benar, dan memiliki struktur/susunan makalah yang lengkap. Makalah ini berisi 22 halaman. Lumayan banyak juga ya karena disusun oleh pelajar tanah air Indonesia yang keren-keren.

Seperti kita tahu bahwa makalah adalah makanan pokok sehari-hari bagi para pelajar Indonesia. Adalah karya tulis ilmiah yang sering digarap oleh peserta didik, mulai dari tingkat SMP, SMA, dan mahasiswa di perguruan tinggi nusantara.
Materi dan Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia, Contoh Makalah Bagus, Blog Geografi

Adapun makalah yang di share di blog sahabat geografi ini adalah makalah karya mahasiswa jurusan pgmi iain ponorogo semester 4 untuk memenuhi tugas mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd pada tahu 2019.

Para penulis yang telah menyusun makalah bagus ini diantaranya adalah Destik Diyah Priyantini, Eko Saputro, Ria Ambaryuni, Riska Fitrianingrum, dan Tsamrotin Nafi'ah. Mereka adalah mahasiswa pada kelas 4c pgmi.

Makalah ini dikerjakan secara kelompok dan sudah dipresentasikan di depan kelas, kemudian didiskusikan bersama teman-teman sekelas. Proses diskusi pun berjalan lancar dan menuai respon positif dari mahasiswa seangkatan. Sehingga bisa dikatakan bahwa makalah ini cocok dijadikan rujukan oleh sobat semua, yang hendak menyusun makalah sesuai dengan tema/topik yang dibahas dalam makalah ini.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Pengajaran PKn di sekolah diberikan sejak SD sampai dengan SMA, bahkan di Perguruan Tinggi. Dalam kurikulum PKn dijelaskan bahwa PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat menarik dan menantang. PKn juga merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan kepada siswa.

Budaya tersebut memiliki hubungan yang erat dengan sistem ekonomi, politik dan hukum serta masa lalu bangsa Indonesia. Warga negara Indonesia haruslah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar serta harus memperoleh pendidikan agar dapat berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik dan ekonomi. Partisipasi dalam kehidupan umum budaya merupakan kebutuhan dasar bagi setiap Individu Bangsa Indonesia.

Kita memiliki dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang harus dipelajari dan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta memahami lembaga-lembaga pemerintahan tentang tugas dan wewenangnya yang memungkinkan terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa yang didasari oleh saling pengertian, demokratis, dan bertanggung jawab.

Untuk dapat berpartisipasi dengan baik dalam masyarakat, studi tentang kebutuhan kompetensi dasar setiap orang dalam masyarakat menunjukan perlunya dimiliki kompetensi dasar tersebut. Sebagaimana yang dilaporkan oleh Remy melalui Basic Citizenship Project (BCCP), mengidentifikasi tujuh keterampilan dasar yang perlu dimilki warga negara untuk dapat berfungsi secara efektif dalam keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.

Ketujuh kompetensi dasar yang dimaksud adalah: acquiring and using information, assessing involvement (determining one’s interest and stake in an issue or problem), making decision (thoughtful decision making), making judgment (using societal values: justice, ethics etc, communicating (transmitting ideas to others), cooperating (working with others), promoting interest (compromising, protecting self and others).

Kutipan diatas tidak hanya menjelaskan mengapa kita harus mengajarkan PKn, tetapi juga menjelaskan apa yang seharusnya menjadi isi pengajaran PKn. Pada pembahasan ini secara umum kita akan membahas materi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia?
2.Bagaimana kebanggaan sebagai bangsa Indonesia?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui dan memahami keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
2.Untuk mengetahui dan memahami kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Untuk dokumen makalah lengkap dalam format pdf bisa sahabat download pada link berikut ini. Pastikan jika sobat ingin mengutip sebagian kecil/besar isi yang terdapat dalam makalah ini untuk mencantumkan nama-nama penulis makalah sebagai bentuk apresiasi atas karya tulisnya. Terimakasih atas pengertiannya.

1 komentar:

JHON said...

https://www.okeynotes.com
MEDIA SOSIAL TERPOPULER DI INDONESIA.
DAFTAR GRATIS
Install Android/Hp anda:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wOKEYNOTES_8961692

Post a Comment