Peta 33 Provinsi di Indonesia

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang diproyeksikan pada bidang datar dengan skala tertentu (baca: Konsep Peta). Peta mempunyai peran yang cukup penting bagi instansi di lingkup pemerintahan. Pasalnya, dengan adanya peta dapat dimanfaatkan untuk merencanakan pembangunan di suatu wilayah. Apalagi Negara Indonesia mempunyai wilayah yang bisa dibilang cukup luas yang membentang dari Sabang sampai Mereuke. Tentu eksistensi peta sangat penting untuk menunjang pembangunan wilayah.

Badan yang bertanggung jawab dan mempunyai wewenang mencetak, menerbitkan, dan menggandakan peta adalah Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) atau yang saat ini sudah berganti nama menjadi Badan Informasi Geospasial (BIG). Peta 33 provinsi ini merupakan salah satu peta yang diterbitkan oleh BIG yang mana dicetak pada tahun 2003. Peta tersebut berupa peta umum yang mendeskripsikan kondisi administrasi pada satu provinsi. Selain itu, badan tersebut juga mencetak Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dan Peta Digital yang mana bisa anda peroleh pada outlet BIG diseluruh penjuru tanah air.

Adapun peta 33 provinsi ini eksistensinya disediakan secara gratis oleh BIG yang mana kita bisa mendownload pada websitenya di www.bakosurtanal.go.id. Peta 33 provinsi tersebut antara lain meliputi Provinsi Bali, Banten, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), DKI Jakarta, Gorontalo, Irian Jaya (Papua), Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Adapun Peta untuk Provinsi Kalimantan Utara dalam hal ini belum tersedia, karena eksistensi provinsi tersebut masih relatif baru, sedangkan peta ini diproduksi pada tahun 2003-an. Oleh karena itu, harap dimaklumi. Silahkan download peta 33 Provinsi dalam bentuk format JPEG secara gratis disini. Ukuran file seluruh peta tersebut sebesar 22 Mb. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment