Makalah Pengumpulan Sumber dan Klasifikasi Sumber Sejarah

Makalah Pengumpulan Sumber dan Klasifikasi Sumber Sejarah - Sebagai seorang pelajar pada pendidikan menengah dan pendidikan tinggi tentunya kita sudah akrab dengan tugas yang satu ini. Adalah menyusun sebuah makalah karya tulis ilmiah pada mata pelajaran/kuliah tertentu, sebagai bentuk belajar/latihan menulis sebuah karya sesuai kaidah ilmiah dengan mengkaji suatu permasalahan aktual dan berbagai sumber referensi sebagai upaya memberikan opsi-opsi penyelesaian masalah yang diangkat sebagai tema makalah.

Tugas menyusun makalah biasanya dikerjakan secara kelompok yang terdiri dari 4-5 pelajar. Meskipun ada banyak anggota kelompok, tapi kenyataan dilapangan, biasanya yang mengerjakan hanya 1-2 orang saja, dan yang lain hanya ikut titip nama saja. Tak heran jika proses diskusi dan presentasi makalah didepan kelas, tidak semua anggota kelompok aktif terlibat dalam proses diskusi karena tidak menguasai materi yang ada didalam makalah.
Contoh Tugas Makalah Pengumpulan Sumber dan Klasifikasi Sumber Sejarah, Makalah Yang Baik dan Benar, Blog Geografi Indonesia

Mestinya dalam kerja kelompok, setiap orang harus aktif terlibat dalam proses mengerjakan tugas makalah pelajar. Mungkin diperlukan pembagian tugas (job description) yang jelas masing-masing anggota. Sehingga bisa saling kerjasama dan gotong royong untuk bersama-sama menyelesaikan tanggung jawab mengerjakan tugas dari guru/dosen dalam menyusun makalah.

Berikut ini admin blog sahabat geografi akan berbagai contoh makalah singkat sederhana yang bisa dijadikan solusi alternatif bagi sobat semua yang kesulitan dalam menyusun makalah. Tema makalah ini adalah mengenai sejarah, lebih spesifiknya terkait dengan pengumpulan sumber dan klasifikasi sumber sejarah.

Penyusun makalah ini diantaranya adalah Muhamad Nur Faizi Putra Fuwa, Neni Lestari, Suci Sulistiyaningrum dan Wahyu Ramadhan. Mereka merupakan mahasiswa semester 2 pada jurusan tadris ips iain ponorogo tahun 2019. Makalah ini merupakan salah satu tugas terstruktur pada mata kuliah pengantar sejarah pada semester genap.

Judul Makalah
Pengumpulan Sumber dan Klasifikasi Sumber Sejarah

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Sumber sejarah merupakan seluruh informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk merekontruksi atau menyusun kembali peristiwa masa lalu.

Dengan memasuki tahap pengumpulan sumber (heuristik) sejarah seorang peneliti sejarah memasuki  lapangan (medan) penelitian. Kerja penelitian  secara aktif dimulai. Di lapangan ini kemampuan teoritik yang bersifat deduktif-spekulatif sebagai yang telah tertuang dalam proposal atau rancangan penelitian akan diuji secara induktif- empiric atau pragmatik. Kerja kita di lapangan ini dengan menggunakan metode historis, yang mencakup 4 (empat) langkah, yaitu :Heuristik, kritik(verifikasi), interprestasi, dan historiografi.

Menurut para ahli metodologi sejarah ada Berbagai bentuk dan jenis sumber sejarah, dan mereka mencoba untuk mengklasifikasikan berbagai bentuk dan jenis sumber sejarah tersebut. Sehingga dilihat dari cara atau dasar klasifikasinya, maka sumber-sumber sejarah mempunyai jenis dan macam macam yang berbeda.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana pengumpulan sumber sejarah?
2.Bagaimana klasifikasi sumber sejarah?
3.Apa macam-macam sumber informasi sejarah?

C.Tujuan
1.Untuk mengetahui apa danbagaimana proses pengumpulan sejarah.
2.Untuk mengetahui bagaimana klasifikasi sejarah terjadi.
3.Untuk mengetahui apa saja sumber informasi sejarah itu.

Makalah lengkap dalam format pdf, bukan microsoft word, bisa anda peroleh dengan klik download pada link berikut ini. Pastikan jika anda ingin mengutip sebagian kecil/besar dalam makalah ini untuk menyertakan nama penulis nya sebagai bentuk apresiasi atas karya nya. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Post a Comment