Makalah Guna Sejarah-Intrinsik Dan Ekstrinsik

Makalah Guna Sejarah-Intrinsik Dan Ekstrinsik - Salah satu tugas yang lazim digarap oleh siswa/mahasiswa saat mengenyam pendidikan di sekolah/kampus adalah tugas makalah. Dan setelah disusun, kemudian makalah di diskusikan di kelas bersama teman-teman.

Saat proses diskusi berlangsung penyaji makalah mempresentasikan makalah dan di akhir ada sesi tanya jawab. Para penyaji makalah diharapkan bisa menjawab setiap pertanyaan dari audiens secara logis dan sistematis, sehingga bisa memberikan pencerahan kepada peserta diskusi. Oleh karena itu, diharapkan para penulis makalah paham betul isi makalah yang disusun. Jangan sampai tidak paham, karena pertanyaan yang muncul dalam diskusi membutuhkan kepastian jawaban.
Makalah Guna Sejarah - Intrinsik Dan Ekstrinsik Blog Geografi

Tugas makalah biasanya disusun secara berkelompok yang terdiri dari 4-5 siswa/mahasiswa. Tapi sering nya yang sungguh-sungguh membuat makalah hanya 1 orang, yang lain hanya numpang nama saja. Kebiasaan ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun, bahkan saat admin sahabat geografi masih sekolah dulu juga seperti itu hehe.

Usahakan karena makalah adalah tugas kelompok, maka perlu digarap bersama-sama, sebagai bentuk tanggung jawab bersama, dan juga bentuk solidaritas antar teman, sehingga tidak ada yang diuntungkan dan tidak ada yang dirugikan dalam proses penyusunan makalah.

Dalam kesempatan kali ini admin sahabat geografi akan berbagi makalah untuk sahabat semua yang kebetulan sedang mendapatkan tugas menyusun makalah di sekolah / kuliah. Makalah ini adalah karya anak bangsa generasi millenial Indonesia.

Para penulis makalah ini diantaranya adalah Nisa Villata, Viki Ariyanti, Wihanif, dan Yayuk Lestari. Mereka adalah mahasiswa semester ii jurusan tadris ilmu pengetahuan sosial iain ponorogo. Makalah disusun secara kelompok untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah pengantar sejarah tahun 2019.

Isi dan susunan dalam makalah ini bisa dikatakan masih sangat sederhana sekali. Dan masih memerlukan editing, baik susunan kalimat dan tulisan, maupun substansi makalah. Agar makalah bisa lebih sistematis dan logis. Sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh para pembaca. Meskipun demikian, secara umum makalah ini sudah lumayan bagus, karena struktur makalah sudah lengkap dan dikerjakan tepat waktu sesuai batas waktu pengerjaan (deadline).

Judul Makalah
Guna Sejarah-Intrinsik Dan Ekstrinsik

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Sejarah sering dikaitkan dengan hal-hal yang kuno dan ketinggalan zaman. Namun jika dilihat secara mendetail, sejarah ternyata mengandung banyak pelajaran yang dapat kita ambil hikmah untuk menjalani masa depan. Kini sejarah sudah banyak ditulis oleh para sejarawan.

Sejarah yang berisi peristiwa masa lampau ini menjadi daya tarik masyarakat karena keunikannya. Dikatakan unik karena hanya terjadi sekali saja, andai kata peristiwanya terulang namun waktu dan pelakunya belum tentu sama.

Dewasa ini mulai banyak orang terutama mahasiswa yang mempelajari sejarah bangsa nya untuk memperdalam rasa nasionalisme. Sejarah tidak hanya peristiwa yang terjadi begitu saja, biasanya ada sesuatu yang menarik dan penting dibalik peristiwa sejarah.

Sejarah bukan hanya digunakan untuk bahan cerita untuk anak cucu kita, melainkan dapat digunakan meningkatkan kualitas intelektual, karena dengan adanya suatu kejadian di masa lalu akan membuat seseorang berpikir tentang seluk-beluk kejadian tersebut, mulai dari masalah apa yang menyebabkan terjadinya kejadian tersebut sampai akibat-akibat yang muncul dari kejadian tersebut.

Sehingga jika di masa mendatang muncul suatu masalah yang sama, maka kita bisa mengantisipasi atau bahkan sudah mempunyai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan dasar manfaat itu, kami tertarik untuk membuat makalah yang membahas tentang fungsi dan kegunaan sejarah.

B.Rumusan masalah
1.Apa pengertian sejarah menurut para ahli?
2.Apa saja guna sejarah secara intrinsik?
3.Apa saja guna sejarah secara ekstrinsik?

C.Tujuan
1.Mengetahui apa saja pengertian sejarah menurut para ahli
2.Mengetahui apa saja guna sejarah secara intrinsik
3.Mengetahui apa saja guna sejarah secara ekstrinsik

Makalah lengkap mulai dari awal sampai akhir dengan format dokumen PDF bisa sahabat download pada link berikut. Semoga bisa bermanfaat untuk saudara sekalian.

Pastikan jika sahabat ingin mengutip sebagian besar/kecil isi dalam makalah ini untuk mencantumkan nama penulis pada halaman daftar pustaka sebagai bentuk apresiasi atas karya tulisnya. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment