Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum Terbaru

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kurikulum Terbaru - Adalah dokumen yang berisi rencana dan rancangan kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas. RPS disusun oleh tenaga pendidik profesional pada perguruan tinggi. RPS dari segi fungsi dan kegunaannya hampir serupa dengan RPP yang disusun oleh guru kelas/mata pelajaran pada sekolah dasar dan menengah. Namun, RPS lebih kompleks isinya.

Bagi sahabat geografi yang baru saja memperoleh amanah mendapat tugas istimewa dengan mengajar di perguruan tinggi, pastikan untuk menyusun RPS pada awal semester baru pada tahun akademik tertentu. Karena RPS sifatnya wajib sebagai panduan dan pegangan sekaligus sebagai rambu-rambu kegiatan belajar mengajar di kelas. Sehingga proses pembelajaran bisa lebih terorganisir secara sistematis.
Contoh Rencana Pembelajaran Semester RPS Blog Geografi

Komponen RPS meliputi nama Mata Kuliah, Satuan Kredit Semester (SKS), Kode Mata Kuliah, Program Studi / Jurusan, Semester, Nama Dosen Pengampu, dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah.

Kemudian pada tabel, terdapat kolom-kolom dengan judul Minggu Ke-, Kemampuan yang Diharapkan pada Setiap Pertemuan, Bahan Kajian, Pengalaman Belajar Mahasiswa, Waktu Belajar  (Menit), Strategi / Metode Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Bobot, dan Daftar Referensi yang digunakan.

RPS Materi dan Pembelajaran PKn di MI/SD
Adalah RPS untuk mata kuliah MPPKN di MI/SD pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah atau PGMI strata 1. Mata kuliah ini diambil pada semester 4 dan syaratnya mahasiswa harus sudah lulus mata kuliah pendidikan pancasila/kewarganegaraan.

RPS Pendidikan Kependudukan
Adalah RPS untuk mata kuliah pendidikan kependudukan pada jenjang strata 1 pada jurusan/prodi pendidikan/tadris ips. MK diambil pada semester 4. Syarat utama mengambil mata kuliah ini adalah mereka para mahasiswa sudah mengambil mata kuliah dan sudah lulus mk pengantar geografi pada semester awal.

RPS Pengantar Sejarah
Adalag RPS untuk mata kuliah pengantar sejarah pada prodi pendidikan/tadris ips dan diambil pada semester awal 1 atau 2, sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah sejarah lanjutan.

Sahabat bisa klik download dokumen RPS untuk 3 mata kuliah diatas jika ingin membacanya atau mungkin ingin mempelajarinya.

Demikian informasi yang bisa dibagikan di blog sahabat geografi, semoga bisa bermanfaat untuk saudara sekalian. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini ya.

0 komentar:

Post a Comment