Makalah Fertilitas: Ukuran Reproduksi, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Studi Perbedaan Fertilitas Di Indonesia

Makalah Fertilitas: Ukuran Reproduksi, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Studi Perbedaan Fertilitas Di Indonesia - Selamat datang di blog sahabat geografi, blog yang membahas informasi aktual mengenai isu-isu lingkungan geografi dan kabar berita terbaru pendidikan nasional, semoga anda berkenan untuk singgah dan baca postingan di blog ini tanpa suatu halangan apapun.

Dalam kesempatan kali ini admin blog sahabat geografi akan berbagi informasi seputar makalah kependudukan / demografi. Seperti kita tahu bahwa makalah merupakan tugas yang sering digarap oleh siswa/mahasiswa saat berada di bangku sekolah/kuliah. Dan biasanya tugas makalah dikerjakan secara berkelompok agar ringan dalam proses penyusunannya.

Struktur/sistematika penulisan makalah sendiri minimal terdiri dari 3 bab, yaitu bab 1 pendahuluan yang berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan manfaat. Bab 2 pembahasan berisi uraian konsep-konsep keilmuan yang sesuai tema/topik makalah. Bab 3 penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Dan bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah daftar pustaka, sebagai sumber referensi bahwa penulisan makalah tersebut bukan opini pribadi, melainkan disusun berdasarkan rujukan dari para ahlli di bidang disiplin ilmu tertentu.
Makalah Fertilitas - Ukuran Reproduksi, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Studi Perbedaan Fertilitas Di Indonesia Blog Geografi

Bagi sahabat geografi yang baru kali pertama menyusun makalah dan masih belajar bikin tugas makalah, pastikan makalah yang anda buat terdiri dari 3 bab dan daftar pustaka. Selain itu, yang tak kalah penting adalah susunan penulisan harus rapi dan substansi/isi makalah juga harus berbobot, agar makalah anda tersusun secara sistematis dan logis, sehingga mudah dipahami oleh para pembaca makalah.

Berikut ini disajikan makalah fertilitas yang sudah disusun oleh para mahasiswa semester iv prodi tadris ips iain ponorogo pada tahun 2019. Para penulisnya adalah Afrida Nesya Putri, Isna Faridatunnadiroh, Adib Rifa'i, dan Muhammad Zulfan.

Mereka sudah mempresentasikan makalah di depan kelas dan isi dalam makalah sudah dibahas bersama-sama. Sehingga makalah ini bisa dijadikan contoh dan rujukan bagi sahabat geografi yang sedang mengerjakan tugas makalah, agar proses penyusunannya bisa lebih mudah. Selamat membaca sehabat.

Judul Makalah
Fertilitas: Ukuran Reproduksi, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Studi Perbedaan Fertilitas Di Indonesia

Bab I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang
Fertilitas adalah sama dengan kelahiran hidup (live birth) yaitu terlepasnya bayi dari rahim seorang perempuan dengan ada tanda-tanda kehidupan; misalnya berteriak, bernafas, jantung berdenyut, dan sebagainya. Pengukuran fertilitas lebih kompleks dibandingkan dengan pengukuran mortalitas, karena seorang perempuan hanya meninggal satu kali, tetapi ia dapat melahirkan lebih dari seorang bayi (Mantra, 2000:145).

Kemampuan fisiologis wanita untuk memberikan kelahiran atau berpartisipasi dalam reproduksi dikenal dengan istilah fekunditas. Tidak adanya kemampuan ini disebut infekunditas, sterilitas atau infertilitas fisiologis.

Pengetahuan yang cukup dapat dipercaya mengenai proporsi dari wanita yang tergolong subur dan tidak subur belum tersedia. Ada petunjuk bahwa di beberapa masyarakat yang dapat dikatakan semua wanita kawin dan ada tekanan sosial yang kuat terhadap wanita/ pasangan untuk mempunyai anak, hanya sekiat satu atau dua persen saja dari mereka yang telah menjalani perkawinan beberapa tahun tetapi tidak mempunyai anak. Seorang wanita dikatakan subur jika wanita tersebut pernah melahirkan paling sedikit seorang bayi.

1.2.Rumusan Masalah
1.Apa konsep dasar fertilitas?
2.Apa saja ukuran reproduksi?
3.Apa saja faktor yang mempengaruhi fertilitas?
4.Bagaimana studi perbedaan fertilitas di Indonesia?

1.3.Tujuan
1.Mengetahui konsep dasar fertilitas
2.Mengetahui ukuran reproduksi
3.Mengetahui faktor yang mempengaruhi fertilitas
4.Mengetahui studi perbedaan fertilitas di Indonesia

Makalah lengkap mulai dari awal sampai akhir dengan format dokumen PDF bisa saudara download pada link berikut. Semoga bisa bermanfaat untuk saudara sekalian.

Pastikan jika saudara ingin mengutip sebagian besar/kecil isi dalam makalah ini untuk mencantumkan nama penulis pada halaman daftar pustaka sebagai bentuk apresiasi atas karya tulisnya. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment