Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual VCD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
Mengapa demikian, karena mata pelajaran IPS ruang lingkupnya luas sekali. Mata Pelajaran IPS yang diajarkan di Sekolah merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dari sudut pandang keruangan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. Disamping itu siswa juga dituntut untuk menghafal istilah-istilah yang sulit untuk difahami karena bersifat verbal, sehingga mata pelajaran IPS di sekolah-sekolah sering dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik,monoton dan kurang bervariasi. Untuk mengatasi agar pengajaran IPS tidak monoton dan lebih bervariasi maka dapat digunakan media pengajaran bagi mata pelajaran IPS.
Tujuan dari penggunaan media pembelajaran mata pelajaran IPS dapat memperjelas penyajian guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mengatasi keterbatasan guru, mengatasi sikap aktif siswa, dan mengatasi keterbatasan ruang. Pengertian Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Oleh Karena itu Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses terjadi. Dengan demikian dalam proses belajar, mengajar, media sangat diperlukan agar siswa bisa menerima pesan dengan baik dan benar.
Media Audio Visual merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Penggunaan media Audio Visual membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan, Namun demikian apakah benar bahwa dengan menggunakan media audio visual, hasil belajar IPS siswa Sekolah akan lebih baik, ataukah sebaliknya justru dengan menggunakan media peta prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa akan menurun. Untuk selengkapnya dapat diunduh disini