Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Mineral

Sumberdaya (resource) adalah berbagai faktor produksi yang di mobilisasikan dalam suatu proses produksi atau aktivitas seperti modal, tenaga manusia, energi, air, mineral dan lain-lain. Sumberdaya alam atau dikenal dengan sesumber alam (natural resources) adalah segala sumber persediaan yang secara potensial dapat didaya gunakan (Bakosurtanal dan Dewan Riset Nasionl, 1991) Dapat diartikan juga sebagai semua unsur tata lingkungan biofisik yang dengan nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia, atau semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya.

Selain itu, menurut ECOSOC adalah segala sesutu yang ditemukan manusia di alam lingkungannya untuk kehidupan atau kenyamanannya. Menurut komponen atau wujud fisiknya, terdiri atas sumberdaya tanah dan air, sumberdaya tumbuhan, sumberdaya utik (perikanan darat dan laut), sumberdaya mineral dan energi seperti energi matahari dan pasang surut air laut. Komponen ini menurut Katili (1972) terdiri sumberdaya tanah, sumberdaya hutan, sumberdaya air dan sumberdaya mineral. Sedangkan menurut Purbo Hadiwijoyo (1976), komponen sumberdaya alam meliputi:  batuan  (mengandung bijih; sumber energi seperti minyak bumi gas alam, batu bara, uranium; bahan lain ), b) tanah, c) vegetasi, d) hewan, e) air, f) udara/ atmosfer dan energi mthri. Untuk selengkapnya dapat diunduh disini.

Update 24 Mei 2013
Mohon maaf link download tidak ada. File yang saya simpan di Ziddu.com ternyata sudah hilang entah kemana. Selain itu, saya juga tidak mempunyai file kopiannya. Mohon bisa dimaklumi. Terimakasih banyak atas kunjungannya.