Format Proposal Karya Tulis Ilmiah



Sebelum memulai penulisan karya ilmiah, hal-hal yang perlu disiapkan adalah topik tulisan yang sudah jelas, perumusan masalah (research question / thesis statement) yang pasti, dan sumber-sumber informasi yang menunjang. Dengan berbekal 3 hal tersebut, proposal disusun untuk memberikan gambaran awal dari tulisan karya ilmiah atau penelitian yang akan dibuat/disusun.

Format proposal
Proposal merupakan gambaran awal dari penelitian atau tulisan karya ilmiah yang akan dibuat. Hal-hal yang perlu dituliskan pada proposal adalah :
  1. Latar belakang : berisi latar belakang menulis atau melakukan penelitian pada topik yang dipilih, hal-hal yang menarik atau menimbulkan pertanyaan dari topik ini, pentingnya topik ini untuk diangkat sebagai tulisan atau untuk diteliti
  2. Perumusan masalah : berisi thesis statement atau research questionyang ditulis secara singkat dan jelas dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan.
  3. Batasan masalah: menjelaskan batasan-batasan penelitian atau tulisan, misalnya hal-hal yang tidak akan dibahas atau diteliti, lingkungan yang ditentukan sebagai pembatas, batasan data atau jumlah materi yang melingkupi penelitian atau tulisan.
  4. Tujuan penelitian: tujuan ditinjau dari aspek keilmuan dan aspek praktis dari sudut pandang pengguna (berhubungan dengan manfaat penelitian/penulisan)
  5. Landasan teori : secara singkat memberikan penjelasan teori-teori pendukung yang akan digunakan dalam menulis atau melakukan penelitian.
  6. Spesifikasi sistem : menjelaskan secara umum kebutuhan software/hardware, kemampuan program/sistem
  7. Rencana tahapan penelitian: gantt chart dari rencana pelaksanaan penelitian
  8. Daftar pustaka : bibliography sumber-sumber informasi yang digunakan. Untuk selengkapnya dapat diunduh disini.
Update 24 Mei 2013
Mohon maaf link download tidak ada. File yang saya simpan di Ziddu.com ternyata sudah hilang entah kemana. Selain itu, saya juga tidak mempunyai file kopiannya. Mohon bisa dimaklumi. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment