Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual VCD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Jumat, 24 Desember 2010 ·

Praktek pembelajaran IPS di sekolah selama ini terkesan tidak menarik bagi siswa. Siswa menganggap pelajaran IPS hanya sebagai pelajaran yang lebih  bersifat hafalan, yakni hanya membeberkan teori-teori saja tanpa ada praktiknya. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang tidak menarik, membosankan, sulit dan lain-lain yang menunjukkan sebenarnya siswa tidak menyukai pelajaran tersebut. Keadaan ini dapat diperparah lagi jika guru mengajarkannya monoton, terlalu teoritis, dan kurang buku ajar serta tidak menggunakan media pembelajaran. Mata Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada Sekolah Menengah Pertama SMP. Mata Pelajaran IPS di sekolah-sekolah dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik dan membosankan.

Mengapa demikian, karena mata pelajaran IPS ruang lingkupnya luas sekali. Mata Pelajaran IPS yang diajarkan di Sekolah  merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dari sudut pandang keruangan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. Disamping itu siswa juga dituntut untuk menghafal istilah-istilah yang sulit untuk difahami karena bersifat verbal, sehingga mata pelajaran IPS di sekolah-sekolah sering dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik,monoton dan kurang bervariasi. Untuk mengatasi agar pengajaran IPS tidak monoton dan lebih bervariasi maka dapat digunakan media pengajaran bagi mata pelajaran IPS.

Tujuan dari penggunaan media pembelajaran mata pelajaran IPS dapat memperjelas penyajian guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mengatasi keterbatasan guru, mengatasi sikap aktif siswa, dan mengatasi keterbatasan ruang. Pengertian Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Oleh Karena itu Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses terjadi. Dengan demikian dalam proses belajar, mengajar, media sangat diperlukan agar siswa bisa menerima pesan dengan baik dan benar.

Media Audio Visual merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Penggunaan media Audio Visual membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan, Namun demikian apakah benar bahwa dengan menggunakan media audio visual, hasil belajar IPS siswa Sekolah  akan lebih baik, ataukah sebaliknya justru dengan menggunakan media peta prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa akan menurun. Untuk selengkapnya dapat diunduh disini

Related Post

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger