BENUA DAN SAMUDRA

Permukaan bumi dapat dibedakan atas permukaan bumi daratan (benua) dan permukaan bumi lautan (samudra). Benua adalah daratan luas yang berada dipermukaan bumi. Benua terdiri atas benua asia, afrika, amerika, eropa, dan Australia (benua yang dihuni oleh manusia) serta benua antartika (tidak dihuni oleh manusia). Samudra adalah ketampakan muka bumi yang berupa perairan yang sangat luas. Samudra dapat dibagi atas samudra pasifik, atlantik, hindia dan arktik.

Benua asia merupakan benua terluas di dunia. Benua asia terbagi atas beberapa kawasan yaitu asia barat, asia selatan, asia tenggara, asia timur, dan asia utara. Benua asia memiliki variasi bentang alam yang meliputi gurun, gunung/pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Puncak tertinggi adalah Mount Everest (8.848 meter Dpal) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.
BENUA DAN SAMUDRA
Benua amerika adalah benua terbesar kedua yang bentuk wilayahnya menghubungkan daerah kutub utara dan kutub selatan. Secara geografis benua amerika dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu: kawasan amerika utara, amerika tengah, dan amerika selatan. Bentang alam yang ada cukup bervariasi meliputi gurun, sungai, danau dataran tinggi, dan juga dataran rendah serta rangkaian pegunungan yang membujur dari utara ke selatan.

Benua afrika dikenal dengan julukan benua hitam dengan luas wilayah hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Gurun sahara merupakan gurun terluas di dunia. Puncak tertinggi di afrika adalah gunung Kilimanjaro (5.894 meter Dpal). Sementara kawasan subur berada di dataran rendah lembah sungai nil dan sungai zaire. Benua afrika dibagi menjadi lima kawasan, yaitu: kawasan afrika barat, afrika selatan, afrika timur, afrika tengah dan afrika utara.

Benua eropa adalah benua yang seluruh wilayahnya berada dibelahan bumi utara, terdiri atas lima kawasan, yaitu: kawasan eropa barat, eropa tengah, eropa selatan, eropa timur dan eropa utara. Bentang alam bervariasi dengan puncak tertinggi gunung elbrus (5.633 meter Dpal).

Benua Australia adalah benua terkecil di dunia yang wilayah daratannya semua terletak di belahan bumi selatan. Benua Australia hanya terdiri atas satu Negara yang dibagi menjadi enam Negara bagian, yaitu: new south wales, victoria, queensland, Australia barat, Australia selatan, dan Tasmania, serta dua wilayah territorial yaitu wilayah Australia utara dan wilayah ibukota Australia.

Benua dan samudra merupakan elemen kehidupan makhluk hidup di muka bumi yang tidak dapat dipisahkan. Setiap benua dibagi menjadi beberapa kawasan yang didasarkan atas kesamaan kondisi fisik wilayah, budaya atau rumpun ras. Kita sebagai bagian dari penduduk yang menempati sebuah Negara harus mampu mengenali karakteristik Negara kita sehingga mampu turut serta mengembangkan potensi yang ada untuk kemajuan Negara. Selain itu sebagai manusia yang bermoral dan sebagai makhluk sosial kita harus mampu mengembangkan kerja sama antar bangsa sehingga dapat meningkatkan kestabilan di berbagai bidang kehidupan baik ekonomi, politik, sosial dan budaya di kawasan tersebut maupun dikawasan internasional.

Referensi:

  • Endarto D., Supraptono, Haryono S., Rifai N., 2009, Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  • Fattah S., Trimanto J., Waskito J., Setyawan M.T., 2008, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IX, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  • Nurhadi, Saleh B.A., Badri D.A., Susanti P., 2009, Jelajah Cakrawala Sosial 3 Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

0 komentar:

Post a Comment