Peta Digital Kabupaten Blora Jawa Tengah

Peta Digital Kabupaten Blora Jawa Tengah ini sengaja di bagikan untuk anda semua yang sedang membutuhkannya, baik dimanfaatkan untuk penyusunan tugas akhir kuliah, pembuatan project pemetaan, atau mungkin untuk hal lain yang bersifat akademis. Peta ini merupakan peta hasil interpretasi beberapa lembar peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) tahun 1999 yang mencakup wilayah Kabupaten Blora.

Idealnya peta RBI diproduksi setiap 10 tahun sekali oleh pemerintah. Dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah Badan Koordinasi dan Survei Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) atau yang saat ini sudah berganti nama menjadi Badan Informasi Geospasial  (BIG). Namun, karena butuh pembiayaan produksi yang begitu mahal, hingga kini peta RBI yang digunakan sebagai peta dasar dalam mengerjakan project pemetaan apapun masih menggunakan peta RBI tahun 1999.

Peta digital ini cocok digunakan sebagai peta dasar, karena informasi yang terdapat didalamnya masih bersifat umum. Ada beberapa layer yang terdapat dalam peta digital ini, antara lain layer desa, kecamatan, jalan, sungai, garis kontur, jalan kereta api, utilitas, titik tinggi dan penggunaan lahan. Peta ini berformat Shapefile (Shp) yang mana untuk membukanya harus menggunakan software Sistem Informasi Geografis (SIG), misalnya seperti ArcGIS, ArcView, Ilwis, Quantum GIS, dan lain sebagainya.

Koordinat yang digunakan dalam peta digital ini adalah koordinat Universal Transverse Mercator (UTM) zona WGS 84, bukan koordinat geografis. Tujuannya adalah agar peta ini dapat dengan mudah untuk dianalaisis lebih lanjut. Adapun ukuran peta ini sebesar 16 Mb, dan apabila nanti sudah anda ekstrak, kemungkinan akan bertambah besar. Silahkan download Peta Digital Kabupaten Blora Jawa Tengah disini. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment