Motif dan Prinsip Ekonomi

Ilmu Ekonomi dan Kemakmuran
Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani. Oikos artinya rumah tangga, dan Nomos artinya aturan. Jadi, Oikonomia artinya aturan rumah tangga. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia menghadapi permasalahan pokok ekonomi, seperti bagaimana ia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beranekaragam dengan sumber daya alam dan alat pemuas kebutuhan yang langka.

Tujuan ilmu ekonomi adalah mempelajari dan menganalisis usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya guna mencapai kemakmuran. Kemakmuran adalah suatu kondisi ketika manusia dapat memperoleh hasil atau manfaat yang maksimal dari penggunaan segenap sumber daya.
Pengertian Motif Ekonomi Definisi Prinsip Ekonomi Tindakan Ekonomi Adalah

Tindakan Ekonomi, Motif Ekonomi, dan Prinsip Ekonomi
Tindakan ekonomi adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan pertimbangan yang baik berdasarkan skala prioritas kebutuhannya guna mencapai kemakmuran. Motif ekonomi adalah berbagai bentuk alasan atau pertimbangan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi.

Prinsip ekonomi adalah usaha manusia (dalam rangka memenuhi kebutuhannya) untuk mencapai hasil tertentu dengan pengorbanan yang minimum, atau dengan pengorbanan tertentu ia dapat memperoleh hasil yang maksimum.

0 komentar:

Post a Comment