Tips Belajar Mata Pelajaran Geografi

Senin, 15 Juli 2013 ·

Image by zaenuriarifprats.wordpress.com
Mata pelajaran Geografi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) kini cukup dipandang eksistensinya. Hal itu dikarenakan mata pelajaran tersebut di-ikutsertakan ke dalam Ujian Nasional (UN). Oleh karena itu mengapa mau tidak mau siswa dan siswi harus belajar lebih giat, mengingat ada banyak mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Namun demikian, bukan berarti mata pelajaran Geografi mudah untuk dipelajari. Banyak siswa berpendapat bahwa mata pelajaran ini cukup sulit karena terdapat berbagai istilah-istilah keilmuan yang belum familiar.

Lalu bagaimana caranya mempelajari mata pelajaran Geografi dengan cepat dan mudah? Perlu dicatat bahwa belajar itu butuh proses. Kita tidak bisa secara instant dalam belajar. Lebih-lebih mata pelajaran Geografi. Ini penting untuk diketahui bagi kita semua terutama siswa dan guru Geografi.

Dalam kesempatan kali ini penulis ingin berbagi Tips tentang Cara belajar Mata Pelajaran Geografi untuk tingkat SMA. Tujuannya adalah supaya siswa tidak hanya memperoleh nilai bagus saja pada mata pelajaran Geografi, melainkan juga memperoleh ilmu dan pemahaman, serta syukur-syukur bisa lulus Ujian Nasional (UN). Berikut adalah penjelasannya.

Perbanyak pemahaman dari pada hafalan
Di tingkat SMA, mata pelajaran Geografi dikategorikan kedalam ilmu sosial. Oleh karena itu mengapa banyak materi yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut lebih banyak menyinggung permasalahan sosial daripada ilmu sains. Ini yang perlu digaris bawahi bahwa untuk mempelajari mata pelajaran tersebut butuh suatu pemahaman yang mendalam.

Anda bisa memahami materi mulai dari definisi Geografi, macam-macam, klasifikasi, manfaat, hubungan dan pengaruh dalam kehidupan manusia. Pembahasan Geografi biasanya tidak terlepas dari komponen-komponen yang telah disebutkan diatas. Anda tidak boleh menghafal materi karena dengan hafalan maka anda akan cepat lupa, namun anda harus memahami materi.

Ketahui makna peristilahan Geografi
Ada banyak sekali peristilahan yang terdapat dalam disiplin ilmu geografi. Istilah tersebut tidak hanya digunakan untuk tingkat perguruan tinggi saja, melainkan untuk tingkat SMA juga digunakan. Anda diharapkan familiar dengan istilah-istilah dalam mata pelajaran Geografi. Karena dengan mengetahui makna peristilahan tersebut, anda bisa dengan mudah untuk memahami materi pelajaran Geografi.

Siswa diharapkan punya buku teks atau buku paket mata pelajaran, tidak hanya punya Lembar Kerja Siswa (LKS) saja. Buku teks bisa dijadikan bahan pengayaan dan bahan untuk belajar di rumah. Apabila anda puya buku teks mata pelajaran Geografi, diakhir buku teks biasanya ada makna-makan istilah Geografi. Anda bisa mencari tahu atau mempelajari peristilahan tersebut di buku teks. Selain itu, anda bisa juga membuka Kamus Geografi untuk SMP dan SMA. Dalam kamus tersebut sudah ada berbagai istilah Kegeografian yang bisa anda jadikan rujukan pencarian makna.

Belajar secara intensif di rumah
Tentu saja, apabila anda ingin pintar dan paham Geografi, anda harus belajar secara mandiri dirumah. Caranya bagaimana? anda bisa mempelajari kembali (review) mata pelajaran Geografi yang baru saja diajarkan oleh bapak/ibu guru di sekolahan. Selain itu, anda bisa juga mengerjakan latihan soal yang ada dalam buku teks mata pelajaran Geografi.

Banyak membaca
Anda juga diharapkan rajin membaca. Lebih-lebih bagi siswa. Aktivitas membaca adalah suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Karena dengan membaca, anda akan punya banyak wawasan dan pengetahuan yang luas. Mungkin bisa jadi anda akan lebih pintar dari bapak/ibu guru anda, karena anda banyak membaca. Jadikanlah membaca sebagai hobby dan kebutuhan. Dengan begitu maka anda akan menjadi siswa yang pintar dan berprestasi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Belajar Mata Pelajaran Geografi. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas perhatiannya.

Related Post

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger