Tips Belajar yang Efektif di Rumah

Image by Apa Kabar PSBG
Belajar adalah suatu kewajiban setiap orang. Lebih-lebih bagi siswa, belajar ibarat makanan sehari-hari yang harus ia lakukan baik itu di rumah ataupun di sekolahan. Belajar sebenarnya bagi siswa tidak hanya dengan cara membaca buku teks saja, melainkan juga belajar tentang hal apa saja yang belum mereka ketahui. Misalnya dengan cara melihat, mendengarkan, atau mungkin dari pengalaman mereka sendiri.

Pertanyaannya adalah mengapa belajar itu penting? Tentu saja itu penting, karena dengan belajar siswa akan menjadi pandai, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, prestasi belajar meningkat, sifat dan sikap mereka menjadi baik, dan masih banyak lagi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh adik-adik siswa/siswi untuk belajar di rumah secara efektif dan efisien untuk menunjang perolehan hasil belajar di sekolah. Berikut penulis jelaskan tips sederhana yang bisa anda praktekkan untuk belajar di rumah.

Review pelajaran setelah pulang sekolah
Kebiasaan siswa setelah pulang sekolah adalah bermain. Mungkin jalan-jalan atau bermain dengan teman. Kadang malah ada yang langsung tidur sehabis pulang sekolah. Hal-hal tersebut menurut penulis sangat tidak dianjurkan. Akan lebih baik jika waktu tersebut digunakan untuk me-review mata pelajaran yang baru saja diajarkan oleh bapak/ibu guru sewaktu di sekolahan.

Hal itu sangat efektif untuk dilakukan mengingat pikiran masih fresh dan masih ingat betul tentang materi yang baru saja disampaikan bapak/ibu guru. Tujuan dari review ini dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman anda tentang materi pelajaran, sehingga anda tidak mudah lupa dikemudian hari. Cukup me-review 20 menit atau mungkin 1 jam, itu sudah cukup efektif. Bisa dilakukan dengan cara membaca tulisan buku anda, buku teks atau mengisi latihan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS).

Lebih-lebih untuk mata pelajaran eksak, seperti Matematika, Kimia, dan Fisika. Anda harus berlatih mengerjakan latihan soal-soal yang ada di buku teks atau LKS, agar anda bisa lebih paham dan terlatih untuk mengatasi beragam rumus matematis pada mata pelajaran tersebut.

Kerjakan PR pada malam hari
Sebagai seorang siswa pasti ada yang namanya Tugas/Pekerjaan Rumah (PR). Kenapa harus ada PR? Sebenarnya apa tujuan dari PR tersebut? Guru memberikan tugas/PR kepada siswa semata-mata untuk tujuan kebaikan siswa, bukan hal-hal negatif. Dengan adanya PR, maka siswa secara tidak sadar akan membuka pelajaran tersebut, kemudian membaca materi, dan selanjutnya mengerjakan tugas.

Sebaiknya PR dikerjakan pada malam hari setelah pagi harinya anda mendapat PR dari bapak/ibu guru. Dalam artian, PR dikerjakan pada hari itu juga, jangan ditunda-tunda. Kalau anda menunda mengerjakan tugas, misalnya mengerjakan pada hari berikutnya, maka anda akan lupa dengan materi yang disampaikan bapak/ibu guru. Selain itu, mengerjakan PR secara seketika, itu akan menghindari semakin menumpuknya tugas dari bapak/ibu guru.

Baca pelajaran yang akan diajarkan oleh bapak ibu guru
Sebagai seorang pelajar, sudah semestinya harus bangun pagi hari. Paling-tidak jam 5 pagi, anda sudah bangun. Setelah itu, anda pelajari materi apa yang akan diajarkan oleh bapak/ibu guru di sekolah nantinya. Sehingga dari aktivitas membaca tadi, anda akan mempunyai gambaran terlebih dahulu tentang materi pelajaran yang akan diajarkan. Dan saat proses belajar mengajar di kelas berlangsung, anda bisa dengan mudah menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh bapak ibu guru.

Belajar kelompok
Kenapa belajar harus berkelompok? Tentu saja untuk saling berdiskusi dan sharing tentang pelajaran. Karena penulis yakin tidak semua siswa satu kelas itu paham dengan apa yang diajarkan oleh bapak/ibu guru. Mungkin ada yang paham 100%, ada yang paham 50%, dan mungkin juga ada yang tidak paham sama sekali.

Oleh karena itu mengapa belajar kelompok sangat dianjurkan. Karena dengan adanya aktivitas tersebut dapat saling belajar dan dan saling bertukar pikiran. Siswa yang sudah pintar memberi tahu kepada siswa yang belum paham. Begitu juga sebaliknya. Dengan adanya kegiatan belajar kelompok di rumah diharapkan adanya keseragaman pemahaman dan tingkat perolehan hasil belajar siswa.

Atur waktu sebaik mungkin
Biasanya seumuran siswa itu sedang asyik-asyiknya bermain, jalan-jalan, dan berkumpul dengan teman. Penulis rasa hal itu sangatlah wajar, karena pergaulan dengan teman itu juga penting. Namun, sebaiknya siswa perlu membatasi diri untuk bergaul dengan siapa dan juga bisa mengorganisasi waktu sebaik mungkin. Dengan begitu, maka siswa tahu kapan saatnya belajar dan kapan saatnya bermain dan berkumpul dengan teman.

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan untuk anda, khususnya para siswa dan siswi, tentang Tips Belajar yang Efektif di Rumah. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya.