Bahaya Longsor


Pada prinsipnya gaya dan proses yang terdapat dibumi ini dibagi menjadi dua, yaitu gaya endogen dan gaya eksogen. Gaya endogen merupakan gaya yang berasal dari dalam bumi dan gaya ini sifatnya membangun misalnya seperti vulkanisme, gempa bumi (earthquakes), dan lain lain. Gaya endogen ini membangun bumi menjadi bentuk-bentuk lahan seperti bentuk lahan struktural, lipatan (folds), sesar (faults), kekar (joints), dan sebagainya. Sedangkan gaya eksogen merupakan gaya yang berasal dari luar bumi dan sifatnya merusak. Gaya eksogen ini berasal dari presipitasi, air, angin, dan suhu udara. Akibat dari gaya eksogen ini menjadikan bentuk lahan yang sudah dibangun oleh gaya endogen dirusak menjadi bentuk lahan lain seperti bentuk lahan aeolin, denudasional, aluvial, dan lain-lain. Macam-macam dari gaya endogen ini adalah pelapukan, pelarutan, gerakan massa (mass movement). Dalam makalah ini tidak menjelaskan pelapukan dan pelarutan akan tetapi akan menjelaskan gerakan massa atau yang sering disebut dengan longsor (landslide).

Longsor merupakan proses geomorfologi, yaitu termasuk ke dalam gerakan massa (mass movement). Gerak massa (mas wasting) tanah atau batuan adalah gerakan puing-puing tanah atau batuan menuruni lereng karena pengaruh gravitasi dan air adalah sebagai pemicunya. Tanah longsor merupakan gerakan massa dari rombakan batuan yang tipe gerakannya meluncur atau menggeser (sliding), atau berputar (slumping rotational), yang disebabkan oleh gaya gravitasi (Thornbury dalam Sutikno dkk, 2002). Sedangkan menurut Varnes dalam Karnawati (2005) longsoran lebih tepat didefinisakan sebagai gerakan lereng (slope movement), yaitu gerakan material penyusun lereng ke arah bawah atau keluar dari lereng yang diakibatkan oleh pengaruh gravitasi bumi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa longsor merupakan gerakan massa dari atas lereng yang diakibatkan oleh gaya gravitasi bumi, presipitasi, gempa bumi, perubahan penggunaan lahan, yang mana massa tersebut turun kebawah lereng yang mengangkut bermacam-macam material dan beribu-ribu meter kubik material yang diangkut ke bawah lereng serta berpotensi merusak ekosistem dan pada akhirnya dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi manusia. Untuk file lengkap silahkan Klik disini

0 komentar:

Post a Comment