Contoh Analisis Statistik Menggunakan Microsoft Excel

Dewasa ini perkembangan teknologi begitu cepat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Tak heran jika munculnya berbagai teknologi baru tersebut sedikit-banyak telah memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pendidikan di negeri ini. Dahulu dalam proses hitung menghitung, kita melakukannya secara manual, namun kini hal itu bisa kita kerjakan dengan bantuan teknologi.

Dengan bantuan teknologi tersebut tentunya selain mudah untuk dikerjakan, juga memerlukan waktu yang relatif singkat. Sehingga kita sering memanfaatkan teknologi tersebut untuk membantu kita dalam mengerjakan tugas, terutama hitung menghitung.

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan program Microsoft, terutama Microsoft Excel. Program ini dapat dimanfaatkan untuk hitung menghitung. Kita tinggal memasukkan data yang berupa angka dan huruf, kemudian kita dapat menganalisis pada program tersebut secara mudah. Tentunya program tersebut dilengkapi dengan berbagai rumus matematis yang umum kita jumpai dalam statistik.

Apalagi jika kita dihadapkan pada suatu pekerjaan yang cukup memakan waktu, seperti penelitian. Kita tidak mungkin untuk menghitung data sebanyak itu secara manual. Namun, kita bisa menggunakan Microsoft Excel untuk menganalisis data tersebut. Oleh karena itu, diaharapkan kita faham dengan rumus matematis yang ada dalam statistik. Namun, yang paling penting adalah bagaimana caranya menganalisis data tersebut dalam program Excel dengan baik dan benar.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menginformasikan kepada anda tentang contoh analisis statistik dengan menggunakan program microsoft excel. Contoh tersebut berupa file excel yang mana didalamnya memuat contoh data, perhitungan, dan hasilnya. Silahkan download contoh tersebut disini. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Referensi:
Suliyanto, 2012, Analisis Statistik: Pendekatan Praktis dengan Microsoft Excel, Yogyakarta, Penerbit Andi

0 komentar:

Post a Comment