Letak Astronomis Geologis Geografis Indonesia

Letak Astronomis Geologis Geografis Indonesia - Letak Indonesia dapat di lihat dari 3 tinjauan, yaitu letak astronomis, letak geologis, dan letak geografis.

Letak Astronomis Indonesia
Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur

Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropis, terbentang dari utara ke selatan antara 6° LU hingga 11° LS serta dari barat ke timur antara 95° BT hingga 141° BT.

Letak Geologis Indonesia
Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada pada bumi.
Letak Astronomis Geologis Geografis Indonesia
Letak geologis wilayah indonesia adalah sebagai berikut:
-Indonesia merupakan bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian pegunungan mediteran dan rangkaian pegunungan sirkum pasifik
-Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng indonesia-australia yang bertumbukan dengan lempeng asia
-Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul, dan daerah laut pertengahan australia asiatis.

Letak Geografis Indonesia
Letak geografis adalah letak suatu wilayah sesuai dengan kondisi wilayah yang sebenarnya di permukaan bumi.

Secara geografis, Indonesia di apit oleh dua benua besar, yaitu benua asia disebelah barat laut dan benua australia disebelah tenggara. Indonesia juga di apit oleh dua samudra, yaitu samudra hindia disebelah barat dan selatan dan samudra pasifik di sebelah timur laut.

0 komentar:

Post a Comment