Peta Interaktif Kota Semarang

Peta Interaktif Kota Semarang ini merupakan peta yang cukup bermanfaat ketika kita hendak bepergian atau sekedar jalan-jalan di kota Semarang, atau ketika kita baru tinggal di kota Semarang. Peta ini dapat memberikan informasi-informasi terkait dengan fasilitas umum di seluruh kota Semarang. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan peta interaktif ini kita bisa mengidentifikasi dan menemukan lokasi yang kita cari secara mudah dan cepat.

Peta Interaktif Kota Surabaya

Peta Interaktif Kota Surabaya ini merupakan peta yang cukup bermanfaat ketika kita hendak melakukan perjalanan baik berwisata maupun belajar di kota Surabaya, atau ketika kita baru tinggal di kota Surabaya. Peta ini dapat memberikan informasi nama jalan, hotel, pasar, stasiun kereta api, rumah sakit, terminal, dan fasilitas umum lain di seluruh kota Surabaya. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan peta interaktif ini kita bisa mengidentifikasi lokasi secara mudah dan cepat.

Peta Interaktif Kota Yogyakarta

Peta Interaktif Kota Yogyakarta ini merupakan peta yang cukup bermanfaat ketika kita hendak melawat di kota Yogyakarta, atau ketika kita baru tinggal di kota Yogyakarta. Peta ini dapat memberikan informasi nama jalan, hotel, terminal, dan fasilitas umum lain di seluruh kota Yogyakarta. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan peta interaktif ini kita bisa mengidentifikasi lokasi secara mudah dan cepat.

Buku Mata Pelajaran Geografi Kelas XII SMA BSE

Buku teks memiliki peranan cukup penting dalam peningkatan perolehan hasil belajar siswa, selain kontribusi guru. Guru yang notabene sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab moral kepada anak didiknya. Oleh karena itu, guru dituntut untuk selalu aktif memberikan kegiatan belajar dan mengajar yang efektif dan efisien.

Buku Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA BSE

Buku merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan, terutama sebagai sumber belajar. Buku teks mata pelajaran di negeri ini selalu berkembang seiring dengan kurikulum yang menjadi acuannya. Namun, pada umumnya substansi yang menjadi point-point dalam setiap mata pelajaran hampir sama. Buku Mata Pelajaran Geografi ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan bacaaan guru dan siswa sebagai bahan pengayaan dan penambahan khasanah ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kurang tepat kiranya jika dalam kegiatan belajar mengajar hanya berpedoman pada buku Lembar Kerja Siswa (LKS).

Buku Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA BSE

Buku Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA BSE merupakan buku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendikas). Buku ini disediakan gratis untuk masyarakat Indonesia pada umumnya dan guru-siswa pada khsusnya. Buku ini ditulis oleh tenaga profesional yang berkecimpung di dunia pendidikan terutama di bidang studi geografi.

Menyikapi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dewasa ini teknologi berkembang cukup pesat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk mempermudah kelangsungan hidupnya, dengan berbekal pengetahuan yang dimilikinya. Tak heran jika kini berbagai produk teknologi tersebut membanjiri dilingkungan kehidupan sekitar kita. Hal tersebut tentunya mempunyai konsekuensi terhadap realitas kehidupan baik dari sisi positif maupun negatif.

Konsep Geografi Kontemporer

Bintarto dan Hadisumarno (1979) mengemukakan bahwa perkembangan konsep geografi dari waktu ke waktu sangat dipengaruhi oleh keragaman corak lingkungan geografi dan perbedaan tingkat perkembangan budaya, ekonomi, dan penguasaan teknologi. Kondisi tersebut perlu disikapi dengan sifat dinamik yang sesuai dengan keperluan pemecahan masalah yang nyata-nyata dihadapi. Kait mengkait antara masalah yang satu dengan yang lainnya dipermukaan bumi ini, mengharuskan kajian geografi tidak boleh memisahkan diri dari disiplin yang lain.

Pengertian Meteorologi dan Klimatologi

Meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari atmosfer, khususnya bagian bawah, yang mana gejala cuaca dan iklim terjadi (Prawirowardoyo, 1996). Menurut Petterssen (1958) meteorologi merupakan studi tentang proses dan keadaan atmosfer.

Pengertian Geomorfologi


Istilah geomorfologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "geo" berarti bumi, "morphe" berarti bentuk, "logos" berarti uraian atau pembahasan. Geomorfologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang bentuk-bentuk bumi, khususnya bentuk-bentuk permukaan bumi.

Tipe Hasil Belajar Siswa

Hasil belajar merupakan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh pembelajar. Oleh karena itu apabila pembelajar mempelajari pengetahuan tentang konsep, maka perubahan perilaku harus dicapai oleh pembelajar setelah melaksanakan aktivitas pembelajaran (Anni, 2004).

Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, ketrampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaan dan lain-lain aspek yang ada pada indivudu (Sudjana, 2004).

Permasalahan Pembelajaran Geografi di Sekolah

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa tidak didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran didalam kelas hanya diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi (Sanjaya, 2006).

Otak siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya ketika anak didik kita lulus dari sekolah mereka pintar secara teoritis tetapi mereka miskin aplikasi.

Pengertian Belajar dan Hasil Belajar


Batasan tentang pengertian belajar yang dikemukakan para ahli tidak sama. Hal ini disebabkan karena perbedaan sudut pandang masing-masing. Namun perbedaan tersebut tidak menyebabkan pertentangan, melainkan saling melengkapi. Hal ini menunjukkan luasnya aspek yang dibahas erat hubungannya dengan belajar.