Contoh Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013

Selasa, 09 April 2013 ·

Wacana perubahan kurikulum 2013 sebenarnya sudah berlangsung lama di negeri ini, dan sekarang proses perubahan kurikulum tersebut sedang dalam masa sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat, terutama sosialisasi kepada guru-guru diseluruh penjuru tanah air.

Dari kurikulum 2013 tersebut masih menjadi perdebatan mengenai penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk tingkat SMP/MTs. Selain itu, ada berbagai hal yang diubah dari eksistensi kurikulum 2013 tersebut, tak terkecuali Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kita masih ingat betul kurikulum KTSP, dimana guru diberi kewenangan untuk mengembangkan Silabus dan RPP sesuai dengan kondisi lingkungan, baik siswa, sara-prasarana, maupun kondisi sekolah, karena tiap-tiap sekolah di negeri ini berbeda dari segi fasilitasnya serta sumberdaya manusianya (SDM). Namun, Silabus dan RPP dalam kurikulum 2013 ini menjadi kewenagan sepenuhnya bagi pemerintah. Guru hanya perlu mengikuti aturan main yang ada dalam Silabus dan RPP tersebut.

Dari perubahan wewenang tersebut tentunya ada plus minusnya apabila kita tinjau secara komprehensif. Pertama, guru dipaksa untuk ikut dengan Silabus dan RPP, meskipun sebenarnya guru tidak faham mengenai substansi dari Silabus dan RPP tersebut; Kedua, wewenang guru terbatas karena mereka hanya mengimplementasikan saja tanpa tahu maksud dan tujuan yang sebenarnya yang ingin dicapai dari Silabus dan RPP tersebut; Ketiga, pola pikir guru menjadi stagnan dan tidak bisa berkembang, karena mereka hanya ikut saja dengan aturan tersebut.

Selain terdapat dampak negatif dari perubahan wewenang tersebut, ada pula dampak positifnya, antara lain (i) tugas guru menjadi berkurang setiap awal tahun pelajaran, karena mereka tidak lagi harus membuat perangkat pembelajaran, (ii) guru tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara mengembangkan silabus dan RPP, (iii) waktu luang guru menjadi bertambah, dan masih banyak lagi.

Silahkan download contoh Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Kurikulum 2013 dengan meng-klik disini. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Related Post

0 comments:

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger