Contoh Analisis Statistik Menggunakan SPSS

Senin, 22 April 2013 ·

Permasalahan utama setelah kita melaksanakan penelitian adalah bagaimana caranya mengolah data dengan baik dan benar. Tentunya dengan waktu yang relatif cepat dan mudah. Namun, sering kali kita mengambil jalan pintas dalam mengolah data penelitian, yakni kita serahkan pada jasa pengolahan data. Tentu hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan dalam proses penelitian, namun hal itu sudah lumrah kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari.

Seharusnya sebagai masyarakat akademisi, kita harus bersikap jujur dalam melakukan apapun, terutama dalam proses penelitian. Memang, sejauh ini penelitian merupakan proses yang sulit ketika kita hendak menyandang gelar sarjana. Namun, apabila kita benar-benar serius dan bersungguh-sungguh serta mengedepankan sikap jujur, hal tersebut akan kita lalui dengan mudah.

Pengolahan data hasil penelitian bagi orang eksak, tentu tidak menjadi suatu masalah, karena hal itu sudah menjadi kajiannya setiap hari. Namun, bagi orang sosial, pengolahan data menggunakan statistik merupakan sesuatu yang sangat sulit. Tak heran jika mereka kurang maksimal dalam mengolah data hasil penelitian. Sebenarnya Program SPSS merupakan produk yang dihasilkan oleh orang-orang sosial, dengan tujuan untuk mempermudah dalam analisis data penelitian.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengoperasikannya? tentu ada tutorialnya dalam menggunakan Program SPSS. Namun, dalam posting kali ini saya tidak menyertakan tutorial tentang Program SPSS, tapi saya hanya membagikan tentang contoh analisis statistik dengan menggunakan Program SPSS saja.

Ada baiknya sebelum anda menggunakan Program SPSS, anda harus faham terlebih dahulu tentang statistik yang biasa digunakan dalam penelitian, misalnya Uji Korelasi, Uji Regresi, dan lain sebagainya. Sehingga, anda tidak kebingungan saat mengoperasikan Program SPSS ini. Jika anda belum mempunyai Software SPSS, anda bisa mendownloadnya disini.

Program SPSS hanya digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data penelitian, yang mana didalamnya sudah ada rumus-rumus statistik. Anda tinggal memasukkan data hasil penelitian anda, kemudian pilih analisis apa yang akan anda gunakan. Kemudian langsung akan terlihat hasilnya. Namun, diharapkan anda harus faham tentang hasil tersebut. Paling tidak, anda harus bisa membaca dan menafsirkan hasil dari SPSS tersebut. Sehingga anda bisa mempertanggung jawabkannya kenapa anda menggunakan Program SPSS dalam pengolahan data.

Mungkin contoh sederhana tentang analisis data dengan menggunakan program SPSS ini dapat sedikit membantu anda dalam mengolah data. File ini hanya bisa dibuka dengan menggunakan Program SPSS. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda sudah menginstall program SPSS di komputer anda. Silahkan klik disini untuk mendownload contoh analisis statistik tersebut. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

Related Post

0 comments:

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger