Meninjau Quantum GIS 1.7.4 – Open Source

Quantum GIS merupakan software berbasis open source dimana software tersebut bisa didownload secara free di internet di http://qgis.org/ sehingga user tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan software ini. Selain itu, windows yang tersedia di dalam Quantum GIS sudah hampir sempurna atau lengkap dibandingkan dengan software GIS yang lain sehingga user tidak perlu khawatir lagi dengan ekstensi yang ditawarkan didalam Quantum GIS. Toolbar yang ada di Quantum GIS mempunyai tampilan yang menarik sehingga sangat mudah untuk dipelajari bagi pemula dan sangat mudah digunakan bagi yang sudah expert karena pada prinsipnya semua software GIS mempunyai kemiripan dalam pengoperasian.

Quantum GIS sangat bermanfaat tidak hanya dalam disiplin ilmu geografi saja akan tetapi software ini sudah banyak bermanfaat diberbagai disiplin ilmu lain dan software ini sudah banyak diterapkan untuk penelitian kedokteran, psikologi, sosiologi, dan lain sebagainya. Seperti hal nya software GIS berbasis open source yang lainnya, Quantum GIS bisa dirubah atau diberi tambahan atau diperbaiki program yang ada didalamnya oleh semua orang, salah satunya yang bisa dirubah adalah bahasa yang ada didalam software ini.

Quantum GIS selain mempunyai kelebihan juga mempunyai kekurangan. Kekurangan software ini sangat banyak sekali diantaranya adalah saat setelah selesai proses instalasi, software ini harus di setup dulu pada beberapa bagian, hal ini dimaksudkan agar supaya tidak terjadi error  atau mistake saat pengoperasian, hal ini sangat menyulitkan dan sangat disayangkan oleh teman-teman geografi yang umumnya mempunyai background non-geografi dan belum pernah menggunakan software GIS sebelumnya.

Mungkin untuk para pemula akan lebih baik untuk menggunakan software GIS yang mudah untuk difahami seperti ArcView atau ArcGIS supaya anda bisa lebih mudah untuk memahaminya dan mudah untuk mengoperasikannya karena terkait dengan tool yang lazim digunakan dalam penelitian kebumian adalah berbasis GIS sehingga anda sangat dituntut untuk bisa mengoperasikan GIS supaya tidak terjadi kendala saat mengerjakan penelitian.

Untuk penjelasan selanjutnya, silahkan download laporan Quantum GIS tersebut dengan meng-Klik Disini.