Jagad Raya


Jagad raya adalah alam semesta yang sangat luas (tidak terukur) mencakup berjuta-juta benda angkasa dan beribu-ribu kabut gas atau kelompok nebula. Kabut gas ini menjadi gugusan bintang melalui proses berjuta tahun lamanya. Salah satu dari kabut itu adalah: Galaksi Bima Sakti, Andromeda, dan Bima Sakti. Garis tengah kabut Andromeda kurang lebih 10.000 tahun cahaya. Tebal 1-2000 tahun cahaya.

Teori Ledakan Besar: Semua galaksi dalam jagad raya berasal dari massa tunggal sehingga memiliki suhu dan energy yang sangat besar.
Teori Jagad Raya Mengembang: Galaksi-galaksi bergerak saling menjauh (berarti jagad raya semakin mengembang).
Teori Keadaan Tetap: materi baru selalu diciptakan untuk mengisi ruang kosong yang timbul dari pengembangan jagad raya.
Akibat teori ini timbul anggapan: 1) Antroposentris (manusia pusat segalanya), 2) Geosentris (bumi sebagai pusat segalanya), Heliosentris (matahari sebagai pusat segalanya).

Teori Terjadinya Tata Surya:
1. Hipotesa Planetesimal. Suatu ketika sebuah bintang melintasi ruang angkasa dengan cepat dan berada dekat sekali dengan matahari. Daya tarik sangat besar sehingga mengakibatkan pasang dibagian panas matahari. Akibatnya massa gas terlempar dari matahari dan mengorbit. Karena gaya tarik matahari, massa gas itu tertahan dan bergerak mengelilingi matahari.
2. Hipotesa Pasang Surut. Planet terbentuk langsung dari gas asli matahari yang tertarik oleh sebuah bintang yang melintas di dekatnya. Pada saat bintang mendekat matahari tarikan gravitasinya menyedot filament gas berbentuk cerutu, yang akhirnya filament itu menjadi planet.
3. Hipotesa Peledakan Bintang
4. Teori Awan Debu. Calon tata surya semula merupakan awan sangat luas, terdiri dari debu dan gas kosmos diperkirakan seperti piring. Ketidakteraturan awan itu menyebabkan terjadinya perputaran, debu dan gas berkumpul menjadi satu. Debu dan gas terus berputar maka hilanglah awannya, kemudian memadat menjadi planet. Download media pembelajaran geografi materi pokok Jagad Raya, silahkan klik disini

0 komentar:

Post a Comment