Pengertian Pembelajaran

Kamis, 23 Desember 2010 ·


Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. (Dr. Oemar Hamalik,1994:55).manusia terlibat dalam system pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya, misalnya tenaga laboratrorium. Material, meliputi buku-buku, papan tulis, dan kapur, fotografi, slide, dan film, audio dan video tape. Fasilitas perlengkapan, terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur, meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, ujian, dan sebagainya. Rumusan tersebut tidak terbatas dalam ruang saja. Sistem pembelajaran dapayt di laksanakan dengan cara membaca buku, belajar di kelas atau di sekolah, karena di warnai oleh organisasi dan interaksi antara berbagai komponen yang saling berkaitan, untuk membelajarkan peserta didik.

Achmad Sugandi (2004:9) menyatakan bahwa pembelajaran terjemahan dari kata “ instruction” yang berarti self intruction (dari internal) dan external intruction (dari eksternal). Pembelajaran yang berorientasi bagaimana perilaku guru yang efektif, beberapa teori belajar mendiskripsikanpembelajaran sebagai berikut :
  1. Usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan menyediakan linkungan, agar terjadi hubungan stimulus (lingkungan) debgab tingkah laku si belajar.(behavioristik)
  2. Cara guru memberikan kesempatan kepada si belajar untuk berfikir agar memehami apa yang di pelajari. (kognitif)
  3. Memberikan kebebasan kepada si belajar untuk memilih bahan pelajaran dan cara melajarinya sesuai dengan minat dan kemampuannya.( Humanistik)
Sedangkan pembelajaran yang berorientasi bagaimana si belajar berperilaku, memberikan makna bahwa pembelajaran merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkungan seseorang kedalam sejumlah informasi, yang selanjutyna dapat menyebabakan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang. Senada dengan arti pembelajaran tersebut briggs (1992) menjelaskan bahwa pembelajaran adalah seperangka perisiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar iu memperoleh kemudahan dalam berineraksi berikutyna dengan linkungan. Bila belajar itu di tinjau dari segi inernal dan eksternal maka teori pembelajaran aau instruksional adalah penerapan, prinsip-prinsip teori belajar, teori ingkah laku, dan prinsip pengajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar dengan penekanan pada prosedur yang telah terbukti secara konsisten.

Related Post

0 comments:

Cari Artikel

Twitter

Facebook

Google+

Blogger