Efektivitas Penggunaan Animasi Kompueter Program Macromedia Flash MX sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP

Dalam lingkup Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ekonomi masuk ke dalam kajian Ilmu Pengrtahuan Sosial (IPS) terpadu bersama-sama ilmu lain, seperti geografi, sejarah dan sosiologi. Sesuai dengan konsepnya tersebut, ekonomi merupakan ilmu yang berhubungan erat dengan kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia pasti mengamalkan ilmu ekonomi. Aspek kehidupan ekonomi tidak dapat dikesampingkan. Ekonomi perlu di fungsikan sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan kecerdasan, kemampuan dan ketrampilan siswa. Namun di sisi lain siswa tidak mampu menerapkan teori ekonomi terhadap kehidupan sehari-hari. Hal itu di mungkinkan dari faktor intern dan ekstern siswa ataupun dari proses pembelajaran.

Terkadang siswa merasa jenuh dan kurang memahami dan menagkap materi Ekonomi yang telah diajarkan. Hal tersebut dikarenakan proses belajar mengajar yang masih menggunakkan metode ceramah, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan searah. Di samping itu kegiatan siswa di kelas hanya mendengarakan, melihat, dan mencatat saja, tanpa melibatkan siswa secara langsung dlam pembelajaran tersebut. Sehingga menjadikan siswa kurang berani dalam menyampaikan suatu pendapat atau ide-ide. Hal ini yang menunjukkan efektivitas dalm pembelajaran masih sangat rendah. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pengajaran Ekonomi, dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat.


Berdasarkan masalah yang ada dan hakekat seorang guru, maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana kenerhasilan pengajaran Ekonomi jika dalam belajar dengan menggunakan media animasi komputer Macromedia Flash MX. Dengan menggunakkan media Macromedia Flash MX sebagai media pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran karena dengan menggunkkan media ini siswa akan lebih mudah menguasai materi pelajaran, fasilitas Macromedia Flash MX menampilkan kreasi animasi yang menarik, materi pelajaran dapat di sjikan dengan lebih menarik dan gambar lebih berkesan hidup. Untuk selengkapnya dapat diunduh disini.


Update 24 Mei 2013
Mohon maaf link download tidak ada. File yang saya simpan di Ziddu.com ternyata sudah hilang entah kemana. Selain itu, saya juga tidak mempunyai file kopiannya. Mohon bisa dimaklumi. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment